Fasal: Menerangkan Hukum - Hukum Ghasab
Secara bahasa ghasab diartikan
dengan mengambil sesuatu secara dzalim dengan cara terang-terangan. Sedangkan
dalam literatur syariat ghasab diartikan sebagai menguasai hak orang lain
dengan cara dzalim atau tidak semestinya. |
وهو
لغةً أخذ الشيء ظُلمًا مجاهرة وشرعا
الاستيلاء على حق الغير عُدْوانًا |
Ukuran penguasaan disini
dikembalikan pada adat yang berlaku. |
ويُرجع
في الاستيلاء للعرف |
Termasuk di dalam hak orang
lain, sesuatu yang sah dighasab adalah suatu barang yang selain harta,
seperti kulit bangkai. Dikecualikan dari “secara tidak semestinya”: menguasai
harta orang lain dengan cara akad. |
ودخل
في حق الغير ما يصح غصبه مما ليس بمال كجلد ميتة. وخرج بعُدوانا الاستيلاء على
مال الغير بعقد |
Konsekuensi Ghasab: |
|
Barang siapa ghasab harta orang
lain, maka baginya wajib mengembalikan harta tersebut pada pemiliknya.
Meskipun dalam usaha pengembalian barang tersebut, harus menggunakan ongkos
yang berlipat – lipat. |
(ومن
غصب مالا لأحد لزمه ردُّه) لمالكه ولو غرِم على رده أضعافَ قيمته |
Bagi orang yang ghasab juga
wajib mengganti rugi kekurangan, apabila terdapat kekurangan dalam barang
yang dighasab sebagaimana orang yang ghasab
baju, kemudian dia memakainya, atau bahkan jika berkurang tanpa dipakai. |
)و)
لزمه أيضا (أرش نقصه) إن نقص، كمن غصب ثوبا فلبسه أو نقص بغير
لبس |
Wajib juga membayar harga sewa
dengan harga yang semestinya berlaku. |
(و) لزمه أيضا (أجرة مثله) |
Adapun apabila harga barang yang
dighasab berkurang sebab turunnya harga pasaran, maka seseorang yang ghasab
tidak dikenakan tanggungan, mendapat pendapat shahih. |
أما
لو نقص المغصوب برخص سعره فلا يضمنه الغاصب على الصحيح |
Dalam sebagian redaksi kitab:
barang siapa ghasab barang orang lain, maka harus dipaksa mengembalikan barang
tersebut. |
وفي
بعض النسخ «ومن غصب مال امرئ أجبر على رده» |
Barang Ghasab Rusak: |
|
Apabila barang yang dighasab
rusak, maka wajib bagi orang yang ghasab menggantinya dengan barang yang
sepadan, jika barang yang dughasab memiliki padanan (mitsly) |
(فإن تلف) المغصوب (ضمنه) الغاصب (بمثله إن كان له) أي المغصوب
(مثل) |
Menurut pendapat yang paling
shahih: sesungguhnya barang sepadan adalah barang yang dapat ditakar
menggunakan takaran atau timbangan dan boleh diakadi dengan akad salam
seperti perunggu dan kapas, bukan seperti minyak ghailah dan ma’jun. |
والأصح
أن المثلي ما حصره كيلٌ أو وزن وجاز السلم فيه، كنحاس وقطن، لا غالية ومعجون |
Mushanif menjelaskan mengenai
barang yang dapat diganti dengan uang (mutaqawwam) dalam perkataannya:
atau orang yang ghasab wajib menangganti sesuai harga barang yang rusak,
apabila barang yang rusak tidak memiliki padanan, akan tetapi memiliki harga
yang berbeda – beda, dengan ganti rugi harga yang paling banyak mulai dari
hari saat ghasab sampai hari dimana barang tersebut rusak. |
وذكر
المصنف ضمان المتقوم في قوله: (أو) ضمنه (بقيمته إن لم يكن له مثل) بأن كان
متقوما، واختلفت قيمته (أكثر ما كانت من يوم الغصب إلى يوم التلف) |
Yang diambil ibarat adalah mata
uang yang paling umum digunakan. Apabila terdapat dua mata uang dan keduanya
sama – sama sering digunakan, sebagaimana pendapat Imam al-Rafi’i: maka, Qadli
harus menentukan diantara keduanya. Wallahu A’lam. |
والعبرة
في القيمة بالنقد الغالب؛ فإن غلب نقدان وتساويا قال الرافعي: عَيَّن القاضي
واحدا منهما |
Komentar
Posting Komentar