Langsung ke konten utama

Kitab Jual Beli


Kitab Jual Beli

Kitab tentang jual beli dan segala sesuatu yang memiliki hubungan dengan nya, seperti berhutang dan bekerja sama.

كتاب أحكام البيوع وغيرها من المعاملات كقراض وشركة

Lafadz buyu' merupakan jama' dari lafadz bai'. Secara bahasa bai' memiliki arti mengganti sesuatu dengan sesuatu lain. Sehingga, di dalamnya memasukan selain harta, seperti khamr.

والبيوعُ جمعُ بَيع، والبَيعُ لغةً مُقابلةُ شيءٍ بشيء، فدخل ما ليس بمال كخمر

Sedangkan secara syari'at sebagaimana definisi yang paling bagus diungkapkan, bai' adalah memiliki sesuatu yang bersifat harta dengan cara penggantian dan mendapat izin syari'at. Atau memiliki sebuah kemanfaatan yang diperbolehkan selama-lamanya dengan cara membayarnya dengan sebuah harta.

وأما شرعا فأحسن ما قيل في تعريفه: أنه تمليك عين مالية بمعاوضة بإذن شرعي، أو تمليك منفعة مباحة على التأبيد بثمن مالي.

Sehingga, dikecualikan dengan lafadz "muawadlah": perhutangan, dan dengan lafadz "idni syar'iyyin": akad dengan riba.

فخرج بمعاوضة القرضُ، وبإذن شرعي الربا

Dan dengan lafadz "tamlik al-Manfaat" memasukan: hak kepemilikan bangunan. Dikecualikan dengan lafadz "tsaman": sebuah upah dalam perdagangan, karena hal tersebut tidak dinamakan sebuah pembayaran.

ودخل في منفعة تمليكُ حق البناء، وخرج بثمنٍ الأجرةُ في الإجارة؛ فإنها لا تسمى ثمنا

Jual beli di bagi menjadi tiga jenis:

Pertama adalah membeli sesuatu yang dapat dilihat atau sesuatu tersebut memang ada. Jual beli dengan kategori pertama ini hukumnya diperbolehkan apabila memenuhi syarat, yaitu: barang yang dijual suci, dapat dimanfaatkan, dapat diserah terima kan, dan seseorang yang akad dapat menguasai barang tersebut.

(البيوع ثلاثة أشياء): أحدها (بيع عين مشاهدة) أي حاضرة (فجائز) إذا وجدت الشروط من كون المبيع طاهرا منتفعا به، مقدورا على تسليمه، للعاقد عليه ولاية.

Dalam jual beli tidak boleh lepas dari ijab dan qobul. Contoh dari ijab adalah perkataan penjual: aku menjual ini padamu atau aku memindah kepemilikan barang ini padamu diganti dengan barang ini (misal uang). Sedangkan, contoh dari qobul adalah perkataan pembeli: aku membeli atau aku akan memiliki dan sebagaimana dua ucapan tersebut.

ولا بد في البيع من إيجاب وقبول؛ فالأول كقول البائع أو القائم مقامه: «بعتُك وملكتُك بكذا»؛ والثاني كقول المشتري أو القائم مقامه: «اشتريت وتملكتُ» ونحوهما.

Kedua adalah jual beli barang yang di sifat i dalam tanggungan, atau disebut sebagai jual beli dengan akan pesan. Jual beli kategori kedua ini diperbolehkan apabila terdapat unsur-unsur yang harus dipenuhi dalam akad pesan.

و) الثاني من الأشياء (بيع شيء موصوف في الذمَّة) ويسمى هذا بالسلم (فجائز إذا وجدت) فيه (الصفة على ما وُصف به) من صفات السلَم الآتية في فصل السلم.

Ketiga adalah jual beli barang yang tidak ada dan tidak dapat dilihat oleh kedua belah pihak. Sehingga, tidak diperbolehkan melakukan jual beli kategori ini. Yang dimaksud boleh dalam ketiga kategori ini adalah sahnya jual beli.

(و) الثالث (بيع عين غائبة لم تشاهد) للمتعاقدين؛ (فلا يجوز) بيعها. والمراد بالجواز في هذه الثلاثة الصحةُ

Ungkapan kyai mushanif "tidak terlihat" memberi isyarat bahwa apabila pada mulanya barang dapat dilihat kemudian tidak dapat dilihat ketika akad berlangsung, maka diperbolehkan. Namun, ketentuan demikian berlaku pada barang yang pada umumnya tidak berubah dalam masa selang antara melihat pertama dan membelinya.

وقد يشعر قوله: «لم تشاهد» بأنها إن شوهدت ثم غابت عند العقد أنه يجوز، ولكن محل هذا في عين لا تتغير غالبا في المدة المتخللة بين الرؤية والشراء

Sah hukumnya, jual beli setiap barang yang suci, dapat dimanfaatkan, dan dapat dimiliki.

(ويصح بيع كل طاهر منتفع به مملوك)

Kyai mushanif menjelaskan pemahaman ungkapan tersebut dengan dawuh beliau: tidak sah jual beli barang najis, terkena najis seperti khamr, minyak yang terkena najis, dan sejenis barang tersebut yang sekira tidak dapat disucikan.

وصرح المصنف بمفهوم هذه الأشياء في قوله: (ولا يصح بيع عين نجسة) ولا متنجسة كخمر ودهن وخل متنجس ونحوه مما لا يمكن تطهيره

Juga tidak sah jual beli barang yang tidak dapat diambil kemanfaatan seperti kalajengking, semut, dan hewan-hewan buas yang tidak ada manfaatnya. Wallahu A'lam.

(ولا) بيع (ما لا منفعة فيه) كعقرب ونمل وسبع لا ينفع

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ghasab

  Fasal: Menerangkan Hukum - Hukum Ghasab Secara bahasa ghasab diartikan dengan mengambil sesuatu secara dzalim dengan cara terang-terangan. Sedangkan dalam literatur syariat ghasab diartikan sebagai menguasai hak orang lain dengan cara dzalim atau tidak semestinya. وهو لغةً أخذ الشيء ظُلمًا مجاهرة وشرعا الاستيلاء على حق الغير عُدْوانًا Ukuran penguasaan disini dikembalikan pada adat yang berlaku. ويُرجع في الاستيلاء للعرف Termasuk di dalam hak orang lain, sesuatu yang sah dighasab adalah suatu barang yang selain harta, seperti kulit bangkai. Dikecualikan dari “secara tidak semestinya”: menguasai harta orang lain dengan cara akad. ودخل في حق الغير ما يصح غصبه مما ليس بمال كجلد ميتة. وخرج بعُدوانا الاستيلاء على مال الغير بعقد Konsekuensi Ghasab:   Barang siapa ghasab harta orang lain, maka baginya wajib mengembalikan harta tersebut pada pemiliknya. Meskipun dal

Syarat-Syarat Sebelum Melaksanakan Shalat

Fasal: Syarat-Syarat Sebelum Melaksanakan Shalat Syarat-syarat shalat sebelum masuk di dalamya ada lima, lafadz شروط merupakan bentuk jama’ dari شرط . Syarat secara bahasa adalah tanda, sedangkan syarat menurut istilah syari’at adalah sesuatu yang menentukan sahnya shalat, namun bukanlah bagian dari shalat itu sendiri. Dikecualiakan dengan qayid ini: rukun, karena rukun merupakan bagian dari shalat itu sendiri. Syarat pertama adalah sucinya anggota badan dari hadats, baik kecil maupun besar bagi orang yang mampu melakukan nya. Adapun orang yang tidak memiliki dua alat bersuci (air dan debu), maka baginya tetap dihukumi sah shalatnya namun wajib mengulangi. Kemudian sucinya seseorang dari najis yang adanya tidak dapat dimaafkan baik berada pada pakaian, anggota badan, maupun tempat melaksanakan shalat. Kyai mushonif akan menerangkan mengenai bagian akhir (tempat melaksanakan) pada bab berikutnya. Syarat kedua adalah menutupi warna aurat bagi yang mampu. Sehingga ketika ada seseora

Tata Krama Melaksanakan Mandi

  فصل: باب أداب الغسل Fasal: Tata Krama Melaksanakan Mandi فإذا أصابتك جنابة من احتلام أو وقاع, فخذ الإناء إلى المغتسل, واغسل يديك أولا ثلاثا, وأزل ما على بدنك من قذر. Ketika kalian sedang mengalami hadats janabat baik disebabkan oleh mimpi basah ataupun hubungan badan, maka ambilah wadah untuk mandi. Kemudian basuhlah kedua tangan kalian sebanyak tiga kali dan berusahalah menghilangkan kotoran yang masih menempel pada badan kalian.   وتوضاء كما سبق وضوئك للصلاة   مع جميع الدعوات, وأخر غسل قدميك كيلا يضيع الماء. فإذا فرغت من الوضوء فصب الماء على رأسك ثلاثا وأنت ناو وفع الحدث من الجنابة, ثم على شقك الأيمن ثلاثا ثم على الأيسر ثلاثا. Setelah membersihkan badan dari kotoran yang masih menempel, maka wudlu’ lah sebagaimana wudlu’ kalian ketika akan melaksanakan shalat, serta bacalah do’a-do’a yang telah diajarkan pada kalian. Dalam berwudlu’ ini, sebaiknya kalian mengakhirkan basuhan kedua kaki agar air yang kalian gunakan tidak terbuang sia-sia. Kemudian setelah selesai melaksana