Fasal: Khiyar
Fasal
menerangkan mengenai hukum-hukum khiyar. Antara pembeli dan penjual
memiliki wewenang untuk memilih antara meneruskan jual beli atau
membatalkannya. |
فصل
في أحكام الخيار. (والمتبايعان بالخيار) بين إمضاء البيع وفسخه. |
Khiyar
Majlis: bagi mereka
memiliki wewenang untuk melakukan khiyar majlis untuk berbagai jual
beli seperti contoh akad salam (pesan). |
أي
يثبت لهما خيار المجلس في أنواع البيع كالسَلَم. |
Hal
ini berlaku selama penjual dan pembeli belum berpisah dengan kadar waktu pada
umumnya. |
(مالم يتفرقا) أي مدة عدم تفرقهما عرفا. |
Maksudnya
adalah kewenangan khiyar majlis dapat hilang dengan berpisahnya kedua
belah pihak dari tempat akad atau dengan kedua belah pihak memilih untuk
menetapkan akad. |
أي
ينقطع خيارُ المجلس إما بتفرُّق المتبايعين ببدنهما عن مجلس العقد أو بأن يختار
المتبايعان لزومَ العقد. |
Sehingga,
apabila antara salah satu pihak memilih tetapnya akad dan pihak lain tidak
segera memilih pada saat itu juga, maka hilanglah hak khiyar bagi
pihak lain dan untuk pihak yang memilih tetapnya akad masih memiliki hak khiyar. |
فلو
اختار أحدهما لزومَ العقد ولم يختر الآخر فورا سقط حقه من الخيار، وبقي الحق
للآخر. |
Khiyar
Muddah:
diperbolehan bagi penjual maupun pembeli ketika antar mereka sudah cocok,
mensyaratkan khiyar dalam berbagai barang yang diperjual belikan
dengan kurun waktu tiga hari. |
(ولهما) أي المتبايعين، وكذا لأحدهما إذا وافقه الآخرُ (أن
يشترطا الخيارَ) في أنواع المبيع (إلى ثلاثة أيام). |
Kurun
waktu tiga hari ini dimulai sejak terjadinya akad, bukan sejak berpisah. |
وتحسب
من العقد، لا من التفرق. |
Sehingga,
apabila ada penambahan di atas tiga hari dalam khiyar, maka batal
akadnya. |
فلو
زاد الخيار على الثلاثة بطل العقد. |
Seandainya
barang yang diperjual belikan merupakan barang yang berpotensi rusak dalam kurun
waktu yang sudah disyaratkan, maka batal akadnya. |
ولو كان المبيع مما يفسد
في المدة المشترطة بطل العقد. |
Khiyar
Aib: apabila
dalam barang yang diperjual belikan ditemukan sebuah cacat sebelum diserah
terimakan, maka cacat tersebut dapat mengurangi harga jual. Atau sesuatu yang
dapat menyebabkan hilang maksud yang bagus, sedangkan pada umumnya jenis
barang tersebut tidak ada cacat yang demikian, seperti zinanya budak,
mencurinya budak, dan kaburnya budak, maka bagi pembeli diperbolehkan
mengembalikan barang yang diperjual belikan. Wallahu A’lam. |
(وإذا وجد بالمبيع عيب) موجود قبل القبض تنقص به القيمةُ أو
العينُ نقصًا يفوت به غرضٌ صحيح، وكان الغالب في جنس ذلك المبيع عدمَ ذلك العيب
كزنا رقيق وسرقته وإباقه (فللمشتري ردُّه) أي المبيع. |
Komentar
Posting Komentar