Langsung ke konten utama

Wakalah atau Akad Perwakilan dalam Islam

 

{فصل} في أحكام الوَكَالَة. وهي بفتح الواو وكسرها في اللغة التفويض، وفي الشرع تفويض شخص شيأ، له فعلُه مما يقبل النيابةَ إلى غيره ليفعله حالَ حياته. وخرج بهذا القيد الإيصاء

Fasal: Menerangkan Mengenai Wakalah (Perwakilan)

Fasal ini menerangkan mengenai perwakilan. Lafadz wakalah dengan dibaca fathah atau kasrah waw-nya secara bahasa memiliki arti memasrahkan sesuatu. Sedangkan dalam literatur syari’at lafadz tersebut memiliki arti memasrahkan sesuatu pada orang lain, yang mana sesuatu tersebut dapat diwakilkan pelaksanaannya oleh orang lain, agar dilaksanakan selagi orang tersebut masih hidup. Dengan batasan (masih hidup) tersebut kyai Mushanif mengecualikan wasiat

وذكر المصنف ضابط الوكالة في قوله: (وكل ما جاز للإنسان التصرف فيه بنفسه جاز له أن يُوكِّل فيه) غيرَه (أو يتوكل فيه) عن غيره. فلا يصح من صبي أو مجنون أن يكون مُوكِّلا ولا وكيلا.

Ketentuan Akad Wakalah

Kyai Mushannif menjelaskan mengenai ketentuan dari pada akad perkwakilan ini dalam dawuh beliau:

Setiap sesuatu yang boleh ditasarufkan oleh seseorang dengan dirinya sendiri (tanpa perantara), maka seseorang tersebut juga boleh mewakilkan pada orang lain atau sebaliknya, yaitu menjadi wakil dari orang lain. Sehingga, anak kecil atau orang gila tidak sah apabila menjadi muwakki[1]l atau wakil[2].

وشرط الموكَّل فيه أن يكون قابلا للنيابة؛ فلا يصح التوكيل في عبادة بدنية إلا الحج وتفرقة الزكاة مثلا، وأن يملكه الموكل؛ فلو وكل شخصا في بيع عبد سيملكه أو في طلاق امرأة سينكحها بطل.

Syarat Muwakkal Fih (Objek Yang Diwakilkan)

Syarat objek yang diwakilkan adalah sesuatu tersebut dapat digantikan pelaksanaannya. Sehingga wakalah tidak sah apabila objeknya merupakan suatu ibadah badaniyyah, kecuali semisal haji dan membagikan zakat.[3]

Objek tersebut juga harus sesuatu yang dimiliki oleh muwakkil. Sehingga, apabila muwakkil memasrahkan pada seseorang dalam pembelian budak yang akan dimiliki atau memasrahkan perceraian perempuan yang akan dinikahinya, maka akad wakalah tersebut hukumnya batal.[4]

)والوكالة عقد جائز) من الطرفين، (و) حينئذ (لكل منهما) أي الموَكِّل والوكيل (فسخها متى شاء. وتنفسخ الوكالة (بموت أحدهما) أو جنونه أو إغمائه.

Putusnya Akad Wakalah

Akad wakalah merupakan akad yang boleh dilakukan dari kedua belah pihak. Oleh karena itu, bagi muwakkil dan wakil boleh membatalkan akad ini kapan saja.

Akad wakalah menjadi selesai dengan kematian , gila, dan atau hilangnya akal salah seorang dari muwakkil atau wakil.

)والوكيل أمين). وقوله: (فيما يقبضه، وفيما يصرفه) ساقط في أكثر النسخ. (ولا يضمن) الوكيل (إلا بالتفريط) فيما وكل فيه. ومِن التفريط تسليمه المبيعَ قبل قبض ثمنه.

Syarat Seorang Wakil

Bagi seorang wakil disyaratkan harus seseorang yang dapat dipercaya dalam menerima objek yang diwakilkan maupun mentasharufkan objek tersebut. Namun, ucapan kyai Mushanif ini, tidak dicantumkan pada kebanyakan naskah kitab.

Seorang wakil tidak menanggung/mengganti objek yang diwakilkan, kecuali sebab kecerobohan dalam menjaga objek tersebut. Salah satu contoh dari kecerobohan adalah menyerahkan barang yang diperdagangkan sebelum menerima bayarannya.

)ولا يجوز) للوكيل وكالةً مطلقة (أن يبيع ويشتري إلا بثلاثة شرائط): أحدها (أن يبيع بثمن المثل)، لا بدونه ولا بغبن فاحش، وهو ما لا يحتمل في الغالب. (و) الثاني (أن يكون) ثمن المثل (نقدا)؛ فلا يبيع الوكيل نسيئةً وإن كان قدر ثمن المثل. والثالث أن يكون النقد (بنقد البلد). فلو كان في البلد نقدان باع بالأغلب منهما؛ فإن استويا باع بالأنفع للموكل؛ فإن استويا تُخُيِّر، ولا يبيع بالفلوس وإن راجت رواجَ النقود.

Wakil Muthlak

Seorang wakil muthlak tidak diperbolehkan menjual objek yang diwakilkan atau membeli sesuatu dengan objek tersebut, kecuali dengan tiga syarat:

Pertama, seorang wakil menjual dengan harga yang sepadan, bukan harga dibawahnya atau berpotensi merugikan muwakkil.

Kedua, harga sepadan tersebut harus dibayarkan secara kontan. Sehingga tidak sah apabila seorang wakil melakukan jual beli pada objek yang diwakilkan dengan cara penundaan, meskipun harganya memang sepadan.

Ketiga, mata uang yang digunakan adalah mata uang yang berlaku pada negara yang ditinggali. Sehingga, apabila dalam negara tersebut terdapat dua mata uang, maka menggunakan yang lebih umum, apabila keduanya sama-sama umum, maka menggunakan yang lebih bermanfaat bagi muwakkil, apabila keduannta sama-sama bermanfaat, maka wakil dapat memilih salah satu.

Wakil juga tidak boleh melakukan jual beli pada uang-uang receh, meskipun apabila dijumlah jumlahnya sama dengan kepatutaan yang berlaku.

)ولا يجوز أن يبيع) الوكيل بيعا مطلقا (من نفسه) ولا من ولده الصغير ولو صرح الموكل للوكيل في البيع من الصغير - كما قاله المتولي خلافا للبغوي. والأصح أنه يبيع لأبيه وإن علا ولابنه البالغ وإن سفل إن لم يكن سفيها ولا مجنونا. فإن صرح الموكل بالبيع منهما صح جزما.

Seorang wakil muthlak  tidak diperbolehkan menjual objek yang diwakilkan pada dirinya sendiri atau pada anaknya yang masih kecil, meskipun muwakkil menjelaskan bahwasanya boleh menjual objek yang diwakilkan pada anak kecil, sebagaimana pendapat Imam al-Mutawalli.

Pendapat di atas berbeda dengan pendapat Imam al-Baghawi, beliau berpendapat bahwasanya wakil muthlak boleh menjual objek yang diwakilkan pada bapaknya (ke atas: kakek, dst.), anaknya (ke bawah: cucunya, dst.). Namun, disyaratkan mereka bukanlah orang yang bodoh dalam bertasaruf atau gila. Apabila muwakkil menjelaskan bahwa objek yang diwakilkan boleh dijual pada anak kecil, maka jual beli tersebut sah secara pasti.

(ولا يُقِرُّ) الوكيل (على موكله)؛ فلو وكل شخصا في خصومة لم يملك‌‌ الإقرارَ على الموكل، ولا الإبراء من دَينه ولا الصلح عنه. وقوله: (إلا بإذنه) ساقط في بعض النسخ. والأصح أن التوكيل في الإقرار لا يصح.

Seorang wakil tidak dapat menjadi pengganti ikrar dari muwakkil. Sehingga, apabila muwakkil mewakilkan suatu debat pada seseorang, maka wakil tidak dapat ikrar atas nama muwakkil. Wakil juga tidak dapat menjadi pengganti muwakkil dalam pembebasan hutang atau akad perdamaian pada muwakkil.[5]

Ketentuan di atas berlaku, kecuali telah mendapat izin dari muwakkil. Namun, dawuh ini (mendapat izin dari muwakkil) tidak disebutkan dalam sebagian kitab. Dan menurut qaul al-Ashah mewakilkan suatu ikrar hukumnya tidaklah sah. Wallahu A’lam.



[1] Muwakkil adalah seseorang yang mewakilkan sesuatu dari orang lain.

[2] Wakil adalah seseorang yang menerima perwakilan dari orang lain.

[3] Ibadah badaniyyah yang boleh diwakilkan lagi adalah umrah dan penyembelihan hewan kurban. Fath al-Mu’in, (Kudus: Penerbit Menara Kudus, 1979), hlm. 252

[4] Akad wakalah juga sah dilakukan pada jual beli, nikah, hibah, pergadaian, perceraian yang jelas, penggagalan/pembatalan jual beli, mengembalikan barang karena terdapat cacat, dan penuntutan hukuman hak adamiy, pendakwaan, jawaban pendakwaan. Akan tetapi, akad-akad tersebut tetap disyaratkan penguasaan penuh oleh muwakkil. Ibid., hlm. 250

[5] Perwakilan dalam Ikrar hukumya tidak sah, pasalnya hal tersebut merupakan pemberian kabar dari suatu hak orang lain, sehingga perwakilan tidak dapat diterima.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ghasab

  Fasal: Menerangkan Hukum - Hukum Ghasab Secara bahasa ghasab diartikan dengan mengambil sesuatu secara dzalim dengan cara terang-terangan. Sedangkan dalam literatur syariat ghasab diartikan sebagai menguasai hak orang lain dengan cara dzalim atau tidak semestinya. وهو لغةً أخذ الشيء ظُلمًا مجاهرة وشرعا الاستيلاء على حق الغير عُدْوانًا Ukuran penguasaan disini dikembalikan pada adat yang berlaku. ويُرجع في الاستيلاء للعرف Termasuk di dalam hak orang lain, sesuatu yang sah dighasab adalah suatu barang yang selain harta, seperti kulit bangkai. Dikecualikan dari “secara tidak semestinya”: menguasai harta orang lain dengan cara akad. ودخل في حق الغير ما يصح غصبه مما ليس بمال كجلد ميتة. وخرج بعُدوانا الاستيلاء على مال الغير بعقد Konsekuensi Ghasab:   Barang siapa ghasab harta orang lain, maka baginya wajib mengembalikan harta tersebut pada pemiliknya. Meskipun dal

Syarat-Syarat Sebelum Melaksanakan Shalat

Fasal: Syarat-Syarat Sebelum Melaksanakan Shalat Syarat-syarat shalat sebelum masuk di dalamya ada lima, lafadz شروط merupakan bentuk jama’ dari شرط . Syarat secara bahasa adalah tanda, sedangkan syarat menurut istilah syari’at adalah sesuatu yang menentukan sahnya shalat, namun bukanlah bagian dari shalat itu sendiri. Dikecualiakan dengan qayid ini: rukun, karena rukun merupakan bagian dari shalat itu sendiri. Syarat pertama adalah sucinya anggota badan dari hadats, baik kecil maupun besar bagi orang yang mampu melakukan nya. Adapun orang yang tidak memiliki dua alat bersuci (air dan debu), maka baginya tetap dihukumi sah shalatnya namun wajib mengulangi. Kemudian sucinya seseorang dari najis yang adanya tidak dapat dimaafkan baik berada pada pakaian, anggota badan, maupun tempat melaksanakan shalat. Kyai mushonif akan menerangkan mengenai bagian akhir (tempat melaksanakan) pada bab berikutnya. Syarat kedua adalah menutupi warna aurat bagi yang mampu. Sehingga ketika ada seseora

Tata Krama Melaksanakan Mandi

  فصل: باب أداب الغسل Fasal: Tata Krama Melaksanakan Mandi فإذا أصابتك جنابة من احتلام أو وقاع, فخذ الإناء إلى المغتسل, واغسل يديك أولا ثلاثا, وأزل ما على بدنك من قذر. Ketika kalian sedang mengalami hadats janabat baik disebabkan oleh mimpi basah ataupun hubungan badan, maka ambilah wadah untuk mandi. Kemudian basuhlah kedua tangan kalian sebanyak tiga kali dan berusahalah menghilangkan kotoran yang masih menempel pada badan kalian.   وتوضاء كما سبق وضوئك للصلاة   مع جميع الدعوات, وأخر غسل قدميك كيلا يضيع الماء. فإذا فرغت من الوضوء فصب الماء على رأسك ثلاثا وأنت ناو وفع الحدث من الجنابة, ثم على شقك الأيمن ثلاثا ثم على الأيسر ثلاثا. Setelah membersihkan badan dari kotoran yang masih menempel, maka wudlu’ lah sebagaimana wudlu’ kalian ketika akan melaksanakan shalat, serta bacalah do’a-do’a yang telah diajarkan pada kalian. Dalam berwudlu’ ini, sebaiknya kalian mengakhirkan basuhan kedua kaki agar air yang kalian gunakan tidak terbuang sia-sia. Kemudian setelah selesai melaksana