{فصل}
في أحكام الوَكَالَة. وهي بفتح الواو وكسرها في اللغة التفويض، وفي الشرع تفويض
شخص شيأ، له فعلُه مما يقبل النيابةَ إلى غيره ليفعله حالَ حياته. وخرج
بهذا القيد الإيصاء
Fasal:
Menerangkan Mengenai Wakalah (Perwakilan)
Fasal ini
menerangkan mengenai perwakilan. Lafadz wakalah dengan dibaca fathah
atau kasrah waw-nya secara bahasa memiliki arti memasrahkan sesuatu.
Sedangkan dalam literatur syari’at lafadz tersebut memiliki arti
memasrahkan sesuatu pada orang lain, yang mana sesuatu tersebut dapat diwakilkan
pelaksanaannya oleh orang lain, agar dilaksanakan selagi orang tersebut masih
hidup. Dengan batasan (masih hidup) tersebut kyai Mushanif mengecualikan wasiat
وذكر
المصنف ضابط الوكالة في قوله: (وكل ما جاز للإنسان التصرف فيه بنفسه جاز له أن
يُوكِّل فيه) غيرَه (أو يتوكل فيه) عن غيره. فلا يصح من صبي أو مجنون أن يكون
مُوكِّلا ولا وكيلا.
Ketentuan Akad Wakalah
Kyai Mushannif menjelaskan mengenai ketentuan
dari pada akad perkwakilan ini dalam dawuh beliau:
Setiap sesuatu yang boleh ditasarufkan oleh
seseorang dengan dirinya sendiri (tanpa perantara), maka seseorang tersebut
juga boleh mewakilkan pada orang lain atau sebaliknya, yaitu menjadi wakil dari
orang lain. Sehingga, anak kecil atau orang gila tidak sah apabila menjadi muwakki[1]l
atau wakil[2].
وشرط
الموكَّل فيه أن يكون قابلا للنيابة؛ فلا يصح التوكيل في عبادة بدنية إلا الحج
وتفرقة الزكاة مثلا، وأن يملكه الموكل؛ فلو وكل شخصا في بيع عبد سيملكه أو في طلاق
امرأة سينكحها بطل.
Syarat Muwakkal
Fih (Objek Yang Diwakilkan)
Syarat objek
yang diwakilkan adalah sesuatu tersebut dapat digantikan pelaksanaannya.
Sehingga wakalah tidak sah apabila objeknya merupakan suatu ibadah
badaniyyah, kecuali semisal haji dan membagikan zakat.[3]
Objek tersebut
juga harus sesuatu yang dimiliki oleh muwakkil. Sehingga, apabila muwakkil
memasrahkan pada seseorang dalam pembelian budak yang akan dimiliki atau
memasrahkan perceraian perempuan yang akan dinikahinya, maka akad wakalah tersebut
hukumnya batal.[4]
)والوكالة
عقد جائز) من الطرفين، (و) حينئذ (لكل منهما) أي الموَكِّل والوكيل (فسخها متى
شاء. وتنفسخ الوكالة (بموت أحدهما) أو جنونه أو إغمائه.
Putusnya Akad Wakalah
Akad wakalah merupakan akad yang boleh
dilakukan dari kedua belah pihak. Oleh karena itu, bagi muwakkil dan wakil
boleh membatalkan akad ini kapan saja.
Akad wakalah menjadi selesai dengan
kematian , gila, dan atau hilangnya akal salah seorang dari muwakkil atau
wakil.
)والوكيل
أمين). وقوله: (فيما يقبضه، وفيما يصرفه) ساقط في أكثر النسخ. (ولا يضمن) الوكيل
(إلا بالتفريط) فيما وكل فيه. ومِن التفريط تسليمه المبيعَ قبل قبض ثمنه.
Syarat Seorang Wakil
Bagi seorang wakil disyaratkan harus
seseorang yang dapat dipercaya dalam menerima objek yang diwakilkan maupun
mentasharufkan objek tersebut. Namun, ucapan kyai Mushanif ini, tidak
dicantumkan pada kebanyakan naskah kitab.
Seorang wakil tidak
menanggung/mengganti objek yang diwakilkan, kecuali sebab kecerobohan dalam
menjaga objek tersebut. Salah satu contoh dari kecerobohan adalah menyerahkan
barang yang diperdagangkan sebelum menerima bayarannya.
)ولا
يجوز) للوكيل وكالةً مطلقة (أن يبيع ويشتري إلا بثلاثة شرائط): أحدها (أن يبيع
بثمن المثل)، لا بدونه ولا بغبن فاحش، وهو ما لا يحتمل في الغالب. (و) الثاني (أن
يكون) ثمن المثل (نقدا)؛ فلا يبيع الوكيل نسيئةً وإن كان قدر ثمن المثل. والثالث
أن يكون النقد (بنقد البلد). فلو كان في البلد نقدان باع بالأغلب منهما؛ فإن
استويا باع بالأنفع للموكل؛ فإن استويا تُخُيِّر، ولا يبيع بالفلوس وإن راجت رواجَ
النقود.
Wakil Muthlak
Seorang wakil
muthlak tidak diperbolehkan menjual objek yang diwakilkan atau membeli
sesuatu dengan objek tersebut, kecuali dengan tiga syarat:
Pertama,
seorang wakil menjual dengan harga yang sepadan, bukan harga dibawahnya
atau berpotensi merugikan muwakkil.
Kedua, harga
sepadan tersebut harus dibayarkan secara kontan. Sehingga tidak sah apabila
seorang wakil melakukan jual beli pada objek yang diwakilkan dengan cara
penundaan, meskipun harganya memang sepadan.
Ketiga, mata
uang yang digunakan adalah mata uang yang berlaku pada negara yang ditinggali.
Sehingga, apabila dalam negara tersebut terdapat dua mata uang, maka
menggunakan yang lebih umum, apabila keduanya sama-sama umum, maka menggunakan
yang lebih bermanfaat bagi muwakkil, apabila keduannta sama-sama
bermanfaat, maka wakil dapat memilih salah satu.
Wakil juga tidak boleh melakukan jual beli pada uang-uang
receh, meskipun apabila dijumlah jumlahnya sama dengan kepatutaan yang berlaku.
)ولا
يجوز أن يبيع) الوكيل بيعا مطلقا (من نفسه) ولا من ولده الصغير ولو صرح الموكل
للوكيل في البيع من الصغير - كما قاله المتولي خلافا
للبغوي. والأصح أنه يبيع لأبيه وإن علا ولابنه
البالغ وإن سفل إن لم يكن سفيها ولا مجنونا. فإن صرح الموكل بالبيع منهما صح جزما.
Seorang wakil
muthlak tidak diperbolehkan menjual
objek yang diwakilkan pada dirinya sendiri atau pada anaknya yang masih kecil,
meskipun muwakkil menjelaskan bahwasanya boleh menjual objek yang
diwakilkan pada anak kecil, sebagaimana pendapat Imam al-Mutawalli.
Pendapat di
atas berbeda dengan pendapat Imam al-Baghawi, beliau berpendapat bahwasanya wakil
muthlak boleh menjual objek yang diwakilkan pada bapaknya (ke atas: kakek,
dst.), anaknya (ke bawah: cucunya, dst.). Namun, disyaratkan mereka bukanlah
orang yang bodoh dalam bertasaruf atau gila. Apabila muwakkil menjelaskan
bahwa objek yang diwakilkan boleh dijual pada anak kecil, maka jual beli
tersebut sah secara pasti.
(ولا
يُقِرُّ) الوكيل (على موكله)؛ فلو وكل شخصا في خصومة لم يملك الإقرارَ على
الموكل، ولا الإبراء من دَينه ولا الصلح عنه. وقوله: (إلا بإذنه) ساقط في بعض
النسخ. والأصح أن التوكيل في الإقرار لا يصح.
Seorang wakil tidak dapat menjadi
pengganti ikrar dari muwakkil. Sehingga, apabila muwakkil mewakilkan
suatu debat pada seseorang, maka wakil tidak dapat ikrar atas nama muwakkil.
Wakil juga tidak dapat menjadi pengganti muwakkil dalam
pembebasan hutang atau akad perdamaian pada muwakkil.[5]
Ketentuan di atas berlaku, kecuali telah
mendapat izin dari muwakkil. Namun, dawuh ini (mendapat izin dari muwakkil)
tidak disebutkan dalam sebagian kitab. Dan menurut qaul al-Ashah
mewakilkan suatu ikrar hukumnya tidaklah sah. Wallahu A’lam.
[1] Muwakkil adalah seseorang yang mewakilkan sesuatu dari
orang lain.
[2] Wakil adalah seseorang yang menerima perwakilan
dari orang lain.
[3]
Ibadah badaniyyah yang boleh diwakilkan lagi adalah umrah dan penyembelihan
hewan kurban. Fath al-Mu’in, (Kudus: Penerbit Menara Kudus, 1979), hlm. 252
[4] Akad wakalah juga sah dilakukan pada jual beli, nikah, hibah,
pergadaian, perceraian yang jelas, penggagalan/pembatalan jual beli,
mengembalikan barang karena terdapat cacat, dan penuntutan hukuman hak adamiy,
pendakwaan, jawaban pendakwaan. Akan tetapi, akad-akad tersebut tetap
disyaratkan penguasaan penuh oleh muwakkil. Ibid., hlm. 250
[5] Perwakilan dalam Ikrar hukumya tidak sah, pasalnya hal tersebut merupakan
pemberian kabar dari suatu hak orang lain, sehingga perwakilan tidak dapat
diterima.
Komentar
Posting Komentar