Langsung ke konten utama

Zakat Fitrah


 

فصل (وتجب زكاة الفطر) ويقال لها زكاة الفطرة أي الخلقة (بثلاثة أشياء:. الإسلام)؛ فلا فطرة على كافر أصلي إلا في رقيقه وقريبه المسلمين، (وبغروب الشمس من آخر يوم من شهر رمضان). وحينئذ فتخرج زكاة الفطر عمن مات بعد الغروب دون من ولد بعده، (ووجود الفضل) وهو يسار الشخص بما يفضل (عن قوته وقوت عياله في ذلك اليوم)، أي يوم عيد الفطر وكذا ليلته أيضا.

(ويزكي) الشخص (عن نفسه وعمن تلزمه نفقته من المسلمين)؛ فلا يلزم المسلم فطرة عبد وقريب وزوجة كفار وإن وجبت نفقتهم، وإذا وجبت الفطرة على الشخص فيخرج (صاعا من قوت بلده) إن كان بلديا. فإن كان في البلد أقوات غلب بعضها وجب الإخراج منه. ولو كان الشخص في بادية لا قوت فيها أخرج من قوت أقرب البلاد إليه. ومن لم يوسر بصاع بل ببعضه لزمه ذلك البعض.

وقدره أي الصاع (خمسة أرطال وثلث بالعراقي)، وسبق بيان الرطل العراقي في نصاب الزروع.

[محمد بن قاسم الغزي ,فتح القريب المجيب في شرح ألفاظ التقريب = القول المختار في شرح غاية الاختصار ,page 132]

Fasal: Zakat Fitrah

Zakat fitrah wajib dibayarkan, dalam redaksi kitab lain dikatakan dengan  lafadz الفطرة yaitu sebuah ungkapan suatu kejadian.

Syarat Wajib Zakat Fitrah:

Zakat fitrah wajib dibayarkan dengan tiga syarat:

Pertama adalah islam maka, tidak wajib membayar zakat fitrah bagi orang kafir asli, kecuali untuk budak dan kerabatnya yang beragama islam.

Kedua adalah telah terbenamnya matahari pada hari terakhir bulan ramadlan. Dari qodliyyah ini maka, dapat difahami bahwa zakat fitrah wajib dibayarkan bagi orang yang meninggal setelah terbenamnya matahari. Bagi seseorang yang lahir setelah terbenamnya matahari maka, tidak wajib membayarnya.

Ketiga adalah adanya harta berlebih, maksudnya adalah lebihnya seseorang dalam harta tersebut. Harta berlebih ini dihitung dari makanan pokok muzakki dan keluarganya pada hari itu, yaitu hari idul fitri dan malamnya.

Pelaksanaan Zakat Fitrah:

Muzakki mengeluarkan zakat untuk dirinya sendiri dan seseorang yang nafkahnya masih ditanggung muzakki (istri, anak, orang tua, atau kerabat). Dari qodliyyah ini maka, muzakki tidak perlu membayarkan zakat bagi budak, kerabat, dan istri yang kafir. Meskipun nafkah mereka masih ditanggung muzakki.

Ketika seseorang telah terbebani kewajiban membayar zakat fitrah maka, seseorang harus mengeluarkan satu sha’ dari makanan pokok negaranya, hal itu jika muzakki adalah orang berkebangsaan negara tersebut.

Jika dalam suatu negara terdapat beberapa makanan pokok, namun terdapat salah satu makanan pokok yang lebih umum dipakai maka, muzakki mengeluarkan makanan pokoko yang lebih umum dipakai tersebut. Contoh, di Magelang makanan pokoknya adalah ketela pohon dan beras, namun yang lebih umum digunakan adalah beras. Dalam hal ini, ketika muzakki berdomisili di Magelang maka, zakat fitrahnya menggunakan beras.

Jika muzakki berada di hutan, yang di dalamnya tidak terdapat makanan pokok maka, muzakki mengeluarkan zakat dengan makanan pokok yang berlaku pada negara terdekat dari hutan tersebut.

Barang siapa tidak memiliki kelebihan harta dengan kadar satu sha’ tetapi hanya mampu dengan kadar setengahnya maka, muzakki mengeluarkan zakat setengah sha’ tersebut.

Kadar satu sha’ adalah 5 ritl bangsa Iraq. Keterangan mengenai ritl bangsa Iraq telah dijelaskan dalam pasal zakat tanaman, yaitu kurang lebih 2,7 kilo gram. Wallahu A’lam.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ghasab

  Fasal: Menerangkan Hukum - Hukum Ghasab Secara bahasa ghasab diartikan dengan mengambil sesuatu secara dzalim dengan cara terang-terangan. Sedangkan dalam literatur syariat ghasab diartikan sebagai menguasai hak orang lain dengan cara dzalim atau tidak semestinya. وهو لغةً أخذ الشيء ظُلمًا مجاهرة وشرعا الاستيلاء على حق الغير عُدْوانًا Ukuran penguasaan disini dikembalikan pada adat yang berlaku. ويُرجع في الاستيلاء للعرف Termasuk di dalam hak orang lain, sesuatu yang sah dighasab adalah suatu barang yang selain harta, seperti kulit bangkai. Dikecualikan dari “secara tidak semestinya”: menguasai harta orang lain dengan cara akad. ودخل في حق الغير ما يصح غصبه مما ليس بمال كجلد ميتة. وخرج بعُدوانا الاستيلاء على مال الغير بعقد Konsekuensi Ghasab:   Barang siapa ghasab harta orang lain, maka baginya wajib mengembalikan harta tersebut pada pemiliknya. Meskipun dal

Syarat-Syarat Sebelum Melaksanakan Shalat

Fasal: Syarat-Syarat Sebelum Melaksanakan Shalat Syarat-syarat shalat sebelum masuk di dalamya ada lima, lafadz شروط merupakan bentuk jama’ dari شرط . Syarat secara bahasa adalah tanda, sedangkan syarat menurut istilah syari’at adalah sesuatu yang menentukan sahnya shalat, namun bukanlah bagian dari shalat itu sendiri. Dikecualiakan dengan qayid ini: rukun, karena rukun merupakan bagian dari shalat itu sendiri. Syarat pertama adalah sucinya anggota badan dari hadats, baik kecil maupun besar bagi orang yang mampu melakukan nya. Adapun orang yang tidak memiliki dua alat bersuci (air dan debu), maka baginya tetap dihukumi sah shalatnya namun wajib mengulangi. Kemudian sucinya seseorang dari najis yang adanya tidak dapat dimaafkan baik berada pada pakaian, anggota badan, maupun tempat melaksanakan shalat. Kyai mushonif akan menerangkan mengenai bagian akhir (tempat melaksanakan) pada bab berikutnya. Syarat kedua adalah menutupi warna aurat bagi yang mampu. Sehingga ketika ada seseora

Tata Krama Melaksanakan Mandi

  فصل: باب أداب الغسل Fasal: Tata Krama Melaksanakan Mandi فإذا أصابتك جنابة من احتلام أو وقاع, فخذ الإناء إلى المغتسل, واغسل يديك أولا ثلاثا, وأزل ما على بدنك من قذر. Ketika kalian sedang mengalami hadats janabat baik disebabkan oleh mimpi basah ataupun hubungan badan, maka ambilah wadah untuk mandi. Kemudian basuhlah kedua tangan kalian sebanyak tiga kali dan berusahalah menghilangkan kotoran yang masih menempel pada badan kalian.   وتوضاء كما سبق وضوئك للصلاة   مع جميع الدعوات, وأخر غسل قدميك كيلا يضيع الماء. فإذا فرغت من الوضوء فصب الماء على رأسك ثلاثا وأنت ناو وفع الحدث من الجنابة, ثم على شقك الأيمن ثلاثا ثم على الأيسر ثلاثا. Setelah membersihkan badan dari kotoran yang masih menempel, maka wudlu’ lah sebagaimana wudlu’ kalian ketika akan melaksanakan shalat, serta bacalah do’a-do’a yang telah diajarkan pada kalian. Dalam berwudlu’ ini, sebaiknya kalian mengakhirkan basuhan kedua kaki agar air yang kalian gunakan tidak terbuang sia-sia. Kemudian setelah selesai melaksana