Langsung ke konten utama

Nishab Onta

Nishab Onta

فصل: (وأول نصاب الإبل خمس؛ وفيها شاة) أي جدعة ضأن، لها سنة ودخلت في الثانية، أو ثنية معز، لها سنتان ودخلت في الثالثة.

 وقوله: (وفي عشر شاتان، وفي خمسة عشر ثلاث شياه، وفي عشرين أربع شياه، وفي خمس وعشرين بنت مخاض من الإبل، وفي ست وثلاثين بنت لبون، وفي ست وأربعين حقة، وفي إحدى وستين جذعة، وفي ست وسبعين بنتا لبون، وفي إحدى وتسعين حقتان، وفي مائة وإحدى وعشرين ثلاث بنات لبون) إلى آخره ظاهر غني عن الشرح.

 وبنت المخاض لها سنة ودخلت في الثانية. وبنت اللبون لها سنتان ودخلت في الثالثة. والحقة لها ثلاث سنين ودخلت في الرابعة. والجذعة لها أربع سنين ودخلت في الخامسة.

 وقوله: (ثم في كل) أي ثم بعد زيادة التسع على مائة وإحدى وعشرين وزيادة عشر بعد زيادة التسع وجملة ذلك مائة وأربعون يستقيم الحساب على أن في كل (أربعين بنت لبون، وفي كل خمسين حقة)

 ففي مائة وأربعين حقتان وبنت لبون وفي مائة وخمسين ثلاث حقاق وهكذا.

[محمد بن قاسم الغزي ,فتح القريب المجيب في شرح ألفاظ التقريب = القول المختار في شرح غاية الاختصار ,page 124]

Fasal Permulaan Nishab Onta

Permulaan nishab unta adalah lima ekor, yang mana di dalamnya wajib membayar zakat satu ekor kambing. Kambing yang digunakan adalah satu ekor kambing domba yang berumur satu tahun memasuki umur dua tahun atau dapat dengan satu ekor kambing  biasa yang berumur dua tahun memasuki umur tiga tahun.

Dawuh kyai mushonif: “dalam sepuluh onta wajib membayar zakat dua kambing, dalam lima belas onta wajib membayar zakat tiga kambing, dalam dua puluh onta wajib membayar zakat empat kambing, dalam dua puluh ima onta wajib membayar zakat satu onta bintu makhod, dalam tiga puluh enam onta wajib membayar zakat satu onta bintu labun, dalam empat puluh enam onta wajib membayar zakat satu onta hiqqoh, dalam enam puluh satu onta wajib membayar zakat satu onta jadzaah, dalam tujuh puluh enam onta wajib membayar zakat dua onta bintu labun, dalam sembilan puluh satu onta wajib membayar zakat dua onta hiqqoh, dalam seratus dua puluh satu onta wajib zakat membayar tiga bintu labun”. dan sampai akhir, sudah jelas, dan tidak membutuhkan penjelasan.

Onta bintu makhod adalah onta berumur satu tahun dan memasuki umur dua tahun.

Onta bintu labun adalah onta berumur dua tahun dan memasuki umur tiga tahun.

Onta hiqqoh adalah onta berumur tiga tahun dan memasuki umur empat tahun.

Onta jadzaah adalah onta berumur empat tahun dan memasuki umur lima tahun.

Dawuh kyai mushonif: “kemudian untuk setiap bertambahnya empat puluh ekor, maka wajib membayar zakat satu onta bintu labun dan setiap bertambahnya lima puluh ekor, maka wajib membayar satu onta hiqqoh.

Maksudnya adalah bertambahnya sembilan ekor setelah bilangan seratus dua puluh satu, dan ditambah lagi dengan sepuluh ekor, jumlahnya adalah seratus empat puluh ekor, maka hitungan nya menjadi pasti.

Sehingga dalam seratus empat puluh onta, maka wajib membayar zakat dua onta hiqqoh dan satu bintu labun dan dalam seratus lima puluh onta, maka wajib membayar zakat tiga unta hiqqoh.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ghasab

  Fasal: Menerangkan Hukum - Hukum Ghasab Secara bahasa ghasab diartikan dengan mengambil sesuatu secara dzalim dengan cara terang-terangan. Sedangkan dalam literatur syariat ghasab diartikan sebagai menguasai hak orang lain dengan cara dzalim atau tidak semestinya. وهو لغةً أخذ الشيء ظُلمًا مجاهرة وشرعا الاستيلاء على حق الغير عُدْوانًا Ukuran penguasaan disini dikembalikan pada adat yang berlaku. ويُرجع في الاستيلاء للعرف Termasuk di dalam hak orang lain, sesuatu yang sah dighasab adalah suatu barang yang selain harta, seperti kulit bangkai. Dikecualikan dari “secara tidak semestinya”: menguasai harta orang lain dengan cara akad. ودخل في حق الغير ما يصح غصبه مما ليس بمال كجلد ميتة. وخرج بعُدوانا الاستيلاء على مال الغير بعقد Konsekuensi Ghasab:   Barang siapa ghasab harta orang lain, maka baginya wajib mengembalikan harta tersebut pada pemiliknya. Meskipun dal

Syarat-Syarat Sebelum Melaksanakan Shalat

Fasal: Syarat-Syarat Sebelum Melaksanakan Shalat Syarat-syarat shalat sebelum masuk di dalamya ada lima, lafadz شروط merupakan bentuk jama’ dari شرط . Syarat secara bahasa adalah tanda, sedangkan syarat menurut istilah syari’at adalah sesuatu yang menentukan sahnya shalat, namun bukanlah bagian dari shalat itu sendiri. Dikecualiakan dengan qayid ini: rukun, karena rukun merupakan bagian dari shalat itu sendiri. Syarat pertama adalah sucinya anggota badan dari hadats, baik kecil maupun besar bagi orang yang mampu melakukan nya. Adapun orang yang tidak memiliki dua alat bersuci (air dan debu), maka baginya tetap dihukumi sah shalatnya namun wajib mengulangi. Kemudian sucinya seseorang dari najis yang adanya tidak dapat dimaafkan baik berada pada pakaian, anggota badan, maupun tempat melaksanakan shalat. Kyai mushonif akan menerangkan mengenai bagian akhir (tempat melaksanakan) pada bab berikutnya. Syarat kedua adalah menutupi warna aurat bagi yang mampu. Sehingga ketika ada seseora

Tata Krama Melaksanakan Mandi

  فصل: باب أداب الغسل Fasal: Tata Krama Melaksanakan Mandi فإذا أصابتك جنابة من احتلام أو وقاع, فخذ الإناء إلى المغتسل, واغسل يديك أولا ثلاثا, وأزل ما على بدنك من قذر. Ketika kalian sedang mengalami hadats janabat baik disebabkan oleh mimpi basah ataupun hubungan badan, maka ambilah wadah untuk mandi. Kemudian basuhlah kedua tangan kalian sebanyak tiga kali dan berusahalah menghilangkan kotoran yang masih menempel pada badan kalian.   وتوضاء كما سبق وضوئك للصلاة   مع جميع الدعوات, وأخر غسل قدميك كيلا يضيع الماء. فإذا فرغت من الوضوء فصب الماء على رأسك ثلاثا وأنت ناو وفع الحدث من الجنابة, ثم على شقك الأيمن ثلاثا ثم على الأيسر ثلاثا. Setelah membersihkan badan dari kotoran yang masih menempel, maka wudlu’ lah sebagaimana wudlu’ kalian ketika akan melaksanakan shalat, serta bacalah do’a-do’a yang telah diajarkan pada kalian. Dalam berwudlu’ ini, sebaiknya kalian mengakhirkan basuhan kedua kaki agar air yang kalian gunakan tidak terbuang sia-sia. Kemudian setelah selesai melaksana