وما استخرج من معادن الذهب والفضة يخرج منه إن بلغ نصابا (ربع العشر في الحال) إن كان المستخرج من أهل وجوب الزكاة. والمعادن جمع معدن بفتح داله وكسرها، اسم لمكان خلق الله تعالى فيه ذلك من موات أو ملك. (وما يوجد من الركاز) وهو دفين الجاهلية، وهي الحالة التي كانت عليها العرب قبل الإسلام من الجهل بالله ورسوله وشرائع الإسلام (ففيه) أي الركاز (الخمس). ويصرف مصرف الزكاة على المشهور، ومقابله أنه يصرف إلى أهل الخمس المذكورين في آية الفيء.
[محمد بن قاسم الغزي ,فتح القريب المجيب في شرح ألفاظ التقريب = القول المختار في شرح غاية الاختصار ,page 130]
Fasal: Zakat Hasil Tambang dan Harta Rikaz
Sesuatu yang dikeluarkan dari tanah tambang darinya wajib
dikeluarkan zakat ketika telah mencapai satu nishab (nishabnya sama dengan
nishab emas, yaitu 85 gram)[1].
Kadar zakatnya adalah ¼ atau 2,5% dengan seketika (tanpa menunggu satu haul).
Hal tersebut berlaku ketika seseorang penambang adalah orang yang memiliki
sifat berkewajiban mengeluarkan zakat (Islam, Baligh, Berakal, Merdeka).
Lafadz معادن merupakan bentuk jamak dari lafadz معدن dengan dibaca fathah/kasrah huruf dal-nya, yaitu suatu tempat
menambang yang diciptakan oleh Allah baik pada tanah mati (tidak
berkepemilikan) atau tanah berkepemilikan.
Sesuatu yang ditemukan dari harta rikaz, yaitu
harta yang disimpan dalam tanah oleh bangsa jahiliyyah. Jahiliyyah merupakan
suatu keadaan bangsa Arab, yang mana mereka tidak mengenal tuhan nya, rasul
nya, dan syariat-syariat Islam. Dalam harta rikaz tadi, wajib mengeluarkan
zakat dengan kadar 1/5 atau 20%.
Kadar wajib tadi kemudian ditasarufkan/dibagikan kepada orang-orang yang memiliki bagian 1/5 dalam ayat fai’ (Rasul Muhammad SAW, Kerabat nabi, Anak Yatim, Orang Miskin, dan Ibn Sabil).[2]
[1] https://kabenrekang.baznas.go.id/zakat-barang-tambang-dan-rikaz/ diakses pada tanggal 21 November 2021, pada pukul 06:46 WIB.
[2] https://shamela.ws/book/5638/4063#p1 diakses pada tanggal 21 November 2021, pada pukul 06:59 WIB.
Komentar
Posting Komentar