Langsung ke konten utama

Kerja Sama Dalam Peternakan

 فصل: (والخليطان يزكيان) بكسر الكاف (زكاة) الشخص (الواحد). والخلطة قد تفيد الشريكين تخفيفا، بأن يملكا ثمانين شاة بالسوية بينهما فيلزمهما شاة، وقد تفيد تثقيلا، بأن يملكا أربعين شاة بالسوية بينهما فيلزمهما شاة، وقد تفيد تخفيفا على أحدهما وتثقيلا على الآخر، كأن يملكا ستين، لأحدهما ثلثها وللآخر ثلثاها، وقد لا تفيد تخفيفا ولا تثقيلا، كأن يملكا مائتي شاة بالسوية بينهما.

وإنما يزكيان زكاة الواحد (بسبع شرائط: إذا كان) وفي بعض النسخ «إن كان» (المراح واحدا)، وهو بضم الميم مأوى الماشية ليلا (والمسرح واحدا). والمراد بالمسرح الموضع الذي تسرح إليه الماشية، (والمرعى) والراعي (واحدا، والفحل واحدا) أي إن اتحد نوع الماشية؛ فإن اختلف نوعها كضأن ومعز فيجوز أن يكون لكل منهما فحل يطرق ماشيته، (والمشرب) أي الذي تشرب منه الماشية، كعين أو نهر أو غيرهما (واحدا). وقوله: (والحالب واحدا) هو أحد الوجهين في هذه المسألة، والأصح عدم الاتحاد في الحالب؛ وكذا المحلب بكسر الميم، وهو الإناء الذي يحلب فيه، (وموضع الحلب) بفتح اللام (واحدا). وحكى النووي اسكان اللام، وهو اسم اللبن، ويطلق على المصدر. قال بعضهم هو المراد هنا.

[محمد بن قاسم الغزي ,فتح القريب المجيب في شرح ألفاظ التقريب = القول المختار في شرح غاية الاختصار ,page 127]

Fasal: Dua Orang Yang Bekerja Sama Boleh Mengeluarkan Zakatnya Satu Orang

Dua orang yang saling bekerja sama dalam suatu peternakan, diperbolehkan mengeluarkan zakat dengan hanya membayar zakatnya satu orang.

Sebuah kerja sama terkadang memberi kemanfaatan untuk kedua belah pihak, sebagaimana ketika keduanya memiliki delapan puluh kambing dengan kadar yang sama (40:40), maka diwajibkan atas mereka untuk membayar zakat satu ekor kambing (batas awal nishab kambing adalah empat puluh ekor).

Terkadang kerja sama juga memberi pemberatan untuk kedua belah pihak, sebagaimana ketika mereka memiliki empat puluh ekor kambing dengan kadar sama (20:20), maka wajib bagi mereka membayar zakat satu ekor kambing.

Terkadang sebuah kerja sama juga memberi kemanfaatan bagi satu pihak saja dan pihak lainya menerima pemberatan, sebagaimana ketika mereka memiliki enam puluh ekor kambing dengan kadar berbeda (40:20). Jadi mereka tetap wajib mengeluarkan satu ekor kambing untuk zakat.

Terkadang sebuah kerja sama juga tidak memberi kemanfaatan ataupun pemberatan, sebagaimana ketika mereka memiliki dua ratus ekor kambing dengan kadar sama (100:100). Jadi mereka wajib mengeluarkan dua ekor kambing, karena nishab untuk per seratus ekor adalah satu kambing.

Syarat Dalam Kerja Sama

Dua orang yang bekerja sama diperbolehkan mengeluarkan zakat nya satu orang dengan memenuhi tujuh syarat, yaitu:

Pertama adalah kandang yang digunakan sebagai tempat tinggal harus satu.

Kedua adalah tempat beristirahat ketika sedang digembalakan harus satu.

Ketiga adalah orang yang menggembalakan harus satu.

Keempat adalah pejantan yang mengawini betina hanya satu. Ketika jenis dari hewan ternak berbeda, seperti kambing domba dan kambing biasa, maka diperbolehkan adanya dua pejantan untuk mengawini betina nya masing-masing.

Kelima adalah tempat minum yang digunakan minum hewan ternak seperti mata air, sungai, dan lainya hanya satu.

Keenam adalah orang yang memerah susu harus satu orang. Terdapat dua pendapat dalam persyaratan kelima ini, pendapat yang paling shahih adalah tidak disyaratkanya orang yang memerah susu sebagaimana wadah untuk mengumpulkan susu yang telah diperah.  

Ketujuh adalah tempat untuk memerah susu harus menjadi satu. Imam Nawawi berpendapat lafadz حلب adalah disukun lam nya. Ungkapan tersebut adalah sebuah nama untuk susu yang diperas, sebagaian ulama’ berpendat hal itu lah yang dimaksudkan dalam bab ini. والله أعلم

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ghasab

  Fasal: Menerangkan Hukum - Hukum Ghasab Secara bahasa ghasab diartikan dengan mengambil sesuatu secara dzalim dengan cara terang-terangan. Sedangkan dalam literatur syariat ghasab diartikan sebagai menguasai hak orang lain dengan cara dzalim atau tidak semestinya. وهو لغةً أخذ الشيء ظُلمًا مجاهرة وشرعا الاستيلاء على حق الغير عُدْوانًا Ukuran penguasaan disini dikembalikan pada adat yang berlaku. ويُرجع في الاستيلاء للعرف Termasuk di dalam hak orang lain, sesuatu yang sah dighasab adalah suatu barang yang selain harta, seperti kulit bangkai. Dikecualikan dari “secara tidak semestinya”: menguasai harta orang lain dengan cara akad. ودخل في حق الغير ما يصح غصبه مما ليس بمال كجلد ميتة. وخرج بعُدوانا الاستيلاء على مال الغير بعقد Konsekuensi Ghasab:   Barang siapa ghasab harta orang lain, maka baginya wajib mengembalikan harta tersebut pada pemiliknya. Meskipun dal

Syarat-Syarat Sebelum Melaksanakan Shalat

Fasal: Syarat-Syarat Sebelum Melaksanakan Shalat Syarat-syarat shalat sebelum masuk di dalamya ada lima, lafadz شروط merupakan bentuk jama’ dari شرط . Syarat secara bahasa adalah tanda, sedangkan syarat menurut istilah syari’at adalah sesuatu yang menentukan sahnya shalat, namun bukanlah bagian dari shalat itu sendiri. Dikecualiakan dengan qayid ini: rukun, karena rukun merupakan bagian dari shalat itu sendiri. Syarat pertama adalah sucinya anggota badan dari hadats, baik kecil maupun besar bagi orang yang mampu melakukan nya. Adapun orang yang tidak memiliki dua alat bersuci (air dan debu), maka baginya tetap dihukumi sah shalatnya namun wajib mengulangi. Kemudian sucinya seseorang dari najis yang adanya tidak dapat dimaafkan baik berada pada pakaian, anggota badan, maupun tempat melaksanakan shalat. Kyai mushonif akan menerangkan mengenai bagian akhir (tempat melaksanakan) pada bab berikutnya. Syarat kedua adalah menutupi warna aurat bagi yang mampu. Sehingga ketika ada seseora

Tata Krama Melaksanakan Mandi

  فصل: باب أداب الغسل Fasal: Tata Krama Melaksanakan Mandi فإذا أصابتك جنابة من احتلام أو وقاع, فخذ الإناء إلى المغتسل, واغسل يديك أولا ثلاثا, وأزل ما على بدنك من قذر. Ketika kalian sedang mengalami hadats janabat baik disebabkan oleh mimpi basah ataupun hubungan badan, maka ambilah wadah untuk mandi. Kemudian basuhlah kedua tangan kalian sebanyak tiga kali dan berusahalah menghilangkan kotoran yang masih menempel pada badan kalian.   وتوضاء كما سبق وضوئك للصلاة   مع جميع الدعوات, وأخر غسل قدميك كيلا يضيع الماء. فإذا فرغت من الوضوء فصب الماء على رأسك ثلاثا وأنت ناو وفع الحدث من الجنابة, ثم على شقك الأيمن ثلاثا ثم على الأيسر ثلاثا. Setelah membersihkan badan dari kotoran yang masih menempel, maka wudlu’ lah sebagaimana wudlu’ kalian ketika akan melaksanakan shalat, serta bacalah do’a-do’a yang telah diajarkan pada kalian. Dalam berwudlu’ ini, sebaiknya kalian mengakhirkan basuhan kedua kaki agar air yang kalian gunakan tidak terbuang sia-sia. Kemudian setelah selesai melaksana