فصل: (ونصاب الذهب عشرون مثقالا) تحديدا بوزن مكة، والمثقال درهم وثلاثة أسباع درهم، (وفيه) أي نصاب الذهب (ربع العشر، وهو نصف مثقال، وفيما زاد) على عشرين مثقالا (بحسابه) وإن قل الزائد.
ونصاب الورق بكسر الراء، وهو الفضة (مائتا درهم، وفيه ربع العشر، وهو خمسة دراهم وفيما زاد) على المائتين (بحسابه) وإن قل الزائد،
ولا شيء في المغشوش من ذهب أو فضة حتى يبلغ خالصه نصابا. (ولا يجب في الحلي المباح زكاة). أما المحرم كسوار وخلخال لرجل وخنثى فتجب الزكاة فيه.
[محمد بن قاسم الغزي، فتح القريب المجيب في شرح ألفاظ التقريب = القول المختار في شرح غاية الاختصار، صفحة ١٢٨]
Fasal: Nishab Emas dan Perak
Zakat Emas
Nishab emas adalah dua puluh mitsqal secara pasti
dengan kadar timbangan kota Mekah (85 gram emas). Satu mitsqal adalah
satu dirham lebih tiga pertujuh. Dalam nishab tersebut seseorang wajib
mengeluarkan zakat dengan kadar 4/10 atau 2,5%, yaitu setengah mitsqal.
Dan setiap bertambah satu mitsqal, maka zakatnya sesuai dengan persentase
emas tersebut. Meskipun tambahan nya hanya sedikit.
Misal seseorang memiliki emas seberat 200 gram dan sudah
mencapai satu haul (dihitung dengan kalender hijriyyah). Maka orang tersebut
wajib mengeluarkan zakat dengan presentase sebagai berikut:
Zakat Perak
Nishab wariq, lafadz ورق dengan dibaca
kasroh ro’ nya merupakan sebutan lain perak. Nishabnya adalah dua ratus dirham (595
gram perak). Dalam kadar tersebut seseorang wajib mengeluarkan zakat 4/10 atau
2,5%, yaitu lima dirham. Dan setiap tambahan dalam dua ratus dirham tadi dengan
persentase perak tersebut. Meskipun tambahan nya hanyalah sedikit.
Misal seseorang memiliki perak seberat 700 gram dan orang
tersebut berhasil menyimpan perak tersebut dengan kadar yang sama dalam kurun
satu haul. Maka orang tersebut wajib mengeluarkan zakat dengan persentasi
sebagai berikut:
Tidak wajib mengeluarkan zakat untuk barang-barang yang
dicampur dengan emas atau perak. Kecuali apabila kadar murni emas atau perak
tersebut dijumlah sudah mencapai nishab.
Tidak wajib pula zakat untuk perhiasan-perhaisan yang
dimubahkan. Adapun untuk perhiasan yang diharamkan seperti gelang tangan atau
gelang kaki bagi laki-laki dan khuntsa. Maka, wajib zakat atas perhiasan
tersebut.
Komentar
Posting Komentar