{فصل} في الصلح. وهو لغةً قطع المنازعة، وشرعا عقدٌ يحصل به قطعُها
Fasal menerangkan mengenai akad perdamaian
Pengertian
Secara bahasa al-shulhu memiliki arti
memutuskan pertentangan. Sedangkan dalam literatur syariat al-shulhu diartikan
sebagai suatu akad yang dapat memutus pertentangan atau pertikaian.
(ويصح الصلح مع الإقرار) أي إقرار المدعَى عليه بالمُدَّعَى به (في
الأموال) وهو ظاهر، (و) كذا (ما أفضى إليها) أي الأموال كمن ثبت له على شخص
قِصاصٌ، فصالحه عليه على مال بلفظ الصلح، فإنه يصح، أو بلفظ البيع فلا.
Ketentuan al-Shulhu
Akad perdamaian dapat dihukumi sah apabila
disertai pengakuan dari seseorang yang tertuduh pada sesuatu yang dituduhkan.[1]
Akad perdamaian ini terjadi pada harta benda
dan sesuatu yang dapat menjadi lantaran menuju harta benda, seperti orang yang
memiliki tanggungan qishas atas orang lain, kemudian mereka ingin
berdamai melalui akad shuluh dengan cara menebusnya dengan harta[2], maka hukumnya sah. Namun,
apabila menggunakan akad jual beli, maka hukumnya tidak sah.
Pembagian al-Shulhu
(وهو) أي الصلح (نوعان: إبراء، ومعاوضة. فالإبراء) أي صلحه (اقتصاره
من حقه) أي دَينه (على بعضه)؛ فإذا صالحه من الألف الذي له في ذمة شخص على خمسمائة
منها فكأنه قال له: أعطني خمسمائة وأبرأتُك من خمسمائة. (ولا يجوز) بمعنى لا يصح
(تعليقه) أي تعليق الصلح بمعنى الإبراء (على شرط)، كقوله: إذا جاء رأس الشهر فقد
صالحتك.
Akad al-Shulhu dibagi menjadi dua,
yaitu ibra’ dan mu’awadlah.
Shulhu ibra’ marupakan
akad perdamaian dengan dengan cara seseorang yang memiliki hak, hanya mengambil
atau menagih sebagian dari haknya. Contoh dari kasus ini adalah, ketika ada si
A memiliki hutang pada si B sebanyak seribu dinar, kemudian si B hanya menagih
si A dengan separuhnya, yaitu lima ratus dinar. Jadi, seakan-akan si B berkata
pada si A: “berikanlah padaku lima ratus dinar dan aku bebaskan atasmu lima
ratus dinar sisanya”.
Tidak diperbolehkan atau tidak sah
menggantungkan shulhu ibra’ ini dengan suatu syarat, seperti contoh
ucapan pemilik hak: “ketika awal bulan telah datang, maka aku akan
membebaskanmu dengan shulhu ibra’ ”.
(والمعاوضة) أي صلحها (عدوله عن حقه إلى غيره) كأن ادعى عليه دارا
أو شِقْصًا منها وأقرَّ له بذلك وصالحه منها على معين كثوب،
فإنه يصح، (ويجري عليه) أي على هذا الصلح (حكمُ البيع) فكأنه في المثال المذكور
باعه الدار بالثوب، وحينئذ فيثبت في المصالح عليه أحكامُ البيع كالرد بالعيب ومنع
التصرف قبل القبض، ولو صالحه على بعض العين المدعاة فهبة منه لبعضها المتروك منها،
فيثبت في هذه الهبة أحكامها التي تذكر في بابها، ويسمى هذا صلح الحطيطة، ولا يصح
بلفظ البيع للبعض المتروك كأن يبيعه العين المدعاة ببعضها.
Shulhu mu’awadlah merupakan
sebuah akad perdamaian dengan cara pemilik hak, memindahkan atau mengganti
haknya pada barang lain. Contoh kasus ini adalah penuduh mengaku atas rumah
atau pekarangan dari suatu rumah, kemudian tertuduh mengiyakan tuduhan
tersebut. Untuk menyelesaikan permasalahan, mereka sepakat mengadakan shulhu
mu’awadlah pada barang yang telah ditentukan, seperti contoh baju, maka
akad shulhu mu’awadlah dianggap sah.
Dalam shulhu mu’awadlah diberlakukan
aturan-aturan dalam akad jual beli. Jika diterapkan pada contoh sebelumnya,
maka seakan-akan tertuduh membeli rumah penuduh dengan baju tadi. Karena adanya
ketentuan demikian, sehingga pada barang-barang yang dijadikan objek shulhu berlaku
ketentuan-ketentuan jual beli, seperti mengembalikan ketika tedapat cacat dan
tercegahnya transaksi ketika belum diserahterimakan.
Apabila pada shulhu mu’awadlah tertuduh
hanya dapat membayar sebagaian dari objek shulhu, maka sebagian yang
belum dibayarkan dinamakan hibbah dan berlaku pula ketentuan-ketentuan hibbah
yang akan dijelaskan pada babnya. Akad perdamaian semacam ini dinamakan sebagai
shulhu hathitah, dan tidak sah jika menggunakan lafadz jual beli
pada sebagian objek yang belum dibayarkan.
Memasang Jendela pada Jalan Umum
(ويجوز
للإنسان) المُسلِم (أن يُشرِع) بضم أوله وكسر ما قبل آخره، أي يُخْرِج (روشنا)
ويسمى أيضا بالجناح، وهو إخراج خشب على جدار (في) هواء (طريق نافذ)، ويسمى أيضا
بالشارع (بحيث لا يتضرر المارُّ به) أي الروشن، بل يرفع بحيث يمر تحته المار التام
الطويل منتصبا. واعتبر
الماوردي أن يكون على رأسه الحمولة الغالبة. وإن كان الطريق النافذ ممَرَّ فرسان
وقوافل فليرفع الروشن بحيث يمر تحته المحمل على البعير مع أخشاب المظلة الكائنة
فوق المحمل.
أما الذمي فيمنع من إشراع الروشن والساباط وإن جاز له المرور في الطريق النافذ.
Diperbolehkan bagi seorang muslim untuk
memasang, (lafadz yusyri’a dengan dibaca dlammah huruf awalnya
dan fathah sebelum akhir), sebuah rausyan atau juga dinamai
dengan janach, yaitu sebuah kayu
yang keluar dari dinding di atas jalan umum. Hal demikian diperbolehkan, dengan
ketentuan selama rausyan tersebut tidak membahayakan orang yang lewat.
Ukurannya adalah sekira ditempatkan di atas orang normal yang melaluinya. Imam
al-Mawardi memberi ketentuan, ukurannya adalah sekira ditempatkan di atas
kepala orang yang biasanya membawa barang bawaan. Jika jalan tersebut biasa
dilewati kuda dan binatang-binatang yang membawa barang bawaan, maka seorang
muslim tadi memasang rausyan sekira kuda dan binatang-binatang tadi
dapat lewat di bawahnya, dan apabila binatang tadi membawa tandu, maka rausyan
harus berada di atas tandu.
Adapun bagi seorang kafir dzimmy[3]
tidak diperbolehkan memasang rausyan dan (jawa: payon) pada
jalan umum, tetapi mereka boleh melewati jalan umum tersebut.
(ولا يجوز) إشراع الروشن (في الدرب المشترك إلا بإذن الشركاء) في
الدرب. والمراد بهم من نفذ بابُ داره منهم إلى الدرب، وليس المراد بهم من لاصقه
منهم جداره بلا نفوذ باب إليه. وكل من الشركاء يستحق الانتفاع من باب داره إلى رأس
الدرب دون ما يلي آخر الدرب. (ويجوز
تقديم الباب في الدرب المشترك، ولا يجوز تأخيره) أي الباب (إلا بإذن الشركاء) فحيث
منعوه لم يجز تأخيره. وحيث منع من التأخير فصالح شركاء الدرب بمال صح.
Tidak diperbolehkan memasang rausyan pada
jalan gang yang dihuni banyak orang, kecuali mendapatkan izin dari para
penghuni gang tersebut. Kategori penghuni gang adalah seseorang yang pintu
rumahnya berada pada gang tersebut, bukan seseorang yang bagian rumahnya berada
pada gang tersebut. Karena, setiap penghuni dari gang berhak atas gang
tersebut, mulai dari pintu rumahnya sampai ujung gang.
Diperbolehkan memajukan pintu pada jalan gang
yang dihuni banyak orang dan tidak diperbolehkan memundurkannya, kecuali dengan
izin para penghuni gang tersebut. Sehingga, apabila para penghuni tidak
memperbolehkan, kemudian mereka mengambil jalan damai melalui akad shuluh
dengan menebusnya dengan uang, maka diperbolehkan atau sah. Wallahu A’lam.
[1] Contohnya adalah, apabila si A dituduh memakai barang si B, dan si A
mengiyakan tuduhan tersebut, sehingga antara si A dan si B akad perdamaiannya
dianggap sah.
[2] Penggantian qishah dengan harta disebut dengan diyat, yang
mana akan dijelaskan pada bab jinayah.
[3] Kafir dzimmy adalah orang kafir yang memasrahkan diri pada
pemerintah Islam dan membayar pajak, sehingga mendapat perlindungan dari
pemerintahan Islam.
Komentar
Posting Komentar