{فصل} في الضمان. وهو مصدر ضمِنْتُ الشَيءَ ضَمانا إذا كفلتُه،
وشرعًا التزام ما في ذمة الغير من المال
Fasal Menerangkan Tentang Menanggung Hutang
Pengertian
Secara bahasa dlamman merupakan bentuk
mashdar dari perkataan “dlammantu al-syai’a dlammanan” aku menanggung
sesuatu dengan benar-benar menanggung sesuatu tersebut, ketika sesuatu tersebut
berada dalam tanggunganku.
Adapun dalam istilah syariat, dlamman memiliki arti menyanggupi tanggungan orang lain dalam hal harta benda.
وشرط
الضامن أن يكون فيه أهلية التصرف
Syarat al-Dlammin[1]
Seseorang yang menanggung atau menyanggupi
tanggungan orang lain, harus seseorang yang ahli bertransaksi atau cakap hukum,
berupa baligh, berakal, dan tidak ada penghalang untuk melaksanakan transaksi.
(ويصح ضمان الديون المستقرة في الذمة إذا عُلم قدرُها). والتقييد
بالمستقرة يشكل عليه صحة ضمان الصداق قبل الدخول؛ فإنه حينئذ غير مستقر في الذمة؛
ولهذا لم يعتبر الرافعي والنووي إلا كون الدَين ثابتا لازما. وخرج بقوله: «إذا
عُلم قدرُها» الديونُ المجهولة؛ فلا يصح ضمانها - كما سيأتي (ولصاحب
الحق) أي الدَين (مُطالبَة من شاء من الضامن والمضمون عنه) وهو من عليه الدين.
وقوله: (إذا كان الضمان على ما بيَّنَّا) ساقط في أكثر نسخ المتن (وإذا
غرم الضامن رجع على المضمون عنه) بالشرط المذكور في قوله: (إذا كان الضمان
والقضاء) أي كل منهما (بإذنه) أي المضمون عنه
Ketentuan Akad al-Dlamman
Akad dlamman dinilai sah apabila
hutang madlmun ‘Anhu[2]
telah benar-benar tetap menjadi hutangnya. Dan dlamin mengetahui kadar
dari hutang tersebut.
Kyai Mushanif memberi batasan dengan
perkataan: “benar-benar tetap menjadi hutangnya” menimbulkan suatu kejanggalan,
yakni dalam masalah mas kawin seorang laki-laki yang menikahi seorang perempuan
dan belum dijima’, sebab mas kawin dalam hal ini, belum menjadi tanggungan
seorang laki-laki. Dan karena terdapat ungkapan demikian, Imam al-Rafi’i dan
Imam al-Nawawi tidak memperbolehkan akad dlamman, kecuali apabila hutang
memang sudah benar-benar tetap.
Dengan perkataan “dlamin mengetahui
kadar hutangnya” kyai Mushanif mengecualikan: hutang-hutang yang belum
diketahui kadarnya. Sehingga tidak sah menanggung hutang-hutang tersebut,
sebagaimana akan dijelaskan.
Bagi seseorang yang memiliki hak atas hutang
tersebut, boleh menagih hutang pada dlamin atau pada madlmun ‘anhu.
Perkataan kyai Mushanif “akad dlamman sah apabila sebagaimana
yang telah kami jelaskan”: tidak disebutkan dalam kebanyakan redaksi kitab.
Apabila dlamin mengalami kerugian,
maka hutang tadi kembali pada madlmun ‘anhu dengan syarat yang akan
disebutkan sebagai berikut: yaitu apabila akad dlamman dan pembayaran
atas seizin dari madlmun ‘anhu.
ثم
صرح بمفهوم قوله سابقا «إذا عُلم قدرُها» بقوله هنا: (ولا يصح ضمان المجهول)
كقوله: «بِع فلانا كذا، وعليَّ ضمانُ الثمن». (ولا) ضمان (ما لم يجب) كضمان مائة
تجب على زيد في المستقبل (إلا دَرَك المبيع) أي ضمان درك المبيع، بأن
يضمن للمشتري الثمن إن خرج المبيع مستحقا، أو يضمن للبائع المبيع إن خرج الثمن
مستحقا
Kesimpulan
Kemudian kyai Mushanif menjelaskan perkataan
beliau yang telah lewat, sebagai berikut:
Akad dlamman sah apabila dlamin mengetahui
kadar hutang dari madlmun ‘anhu, sehingga tidak sah menanggung hutang
yang tidak diketahui kadarnya, seperti ucapan dlamin: jual lah barang
ini pada fulan, dan aku yanng akan membayarnya.
Tidak dapat melaksanakan akad dlamman
pada sesuatu yang tidak wajib, seperti menanggung 100 dinar hutang Zaid pada
masa yang akan datang, kecuali pada dlamman darkil mabi’[3]
yaitu, apabila dlamin menanggung hutang pembeli yang memang sudah benar-benar
menerima barang yang dibeli atau apabila dlamin menanggung hutang
seorang penjual yang memang sudah menerima uang dari pembeli.
{فصل} في ضمان غير المال من الأبدان. ويسمى كفالة الوجه أيضا،
وكفالة البدن كما قال: (والكفالة بالبدن جائزة إذا كان على المكفول به) أي ببدنه
(حق لآدمي) كقصاص وحدِّ قذف. وخرج بحق الآدمي حقُّ الله تعالى؛
فلا تصح الكفالة ببدن مَن عليه حق الله تعالى، كحد سرقة وحد خمر وحد زنا.
Fasal: Menanggung Selain pada Harta Benda (Akad
Kafalah)
Ketentuan Akad Kafalah
Menanggung pada selain harta dinamakan juga
sebagai akad kafalah wajhi atau kafalah badani sebagaimana
penjelasan kyai Mushanif: akad kafalah pada badan hukumnya boleh,
apabila pada makful bih[4]
terdapat hak pada sesama makhluk, seperti qisas dan hukuman qadzaf.
Dengan perkataan “hak pada sesama makhluk”
kyai Mushanif mengecualikan: hak-hak Allah, sehingga akad kafalah badani tidak
sah apabila terjadi pada hak-hak Allah, misal hukuman bagi pencuri (potong
tangan), hukuman peminum minuman keras (cambuk delapan puluh kali), dan hukuman
zina (muhshan dan ghairu muhshan).
ويبرأ
الكفيل بتسليم المكفول ببدنه في مكان التسليم بلا حائل يمنع المكفول له عنه. وأما
مع وجود الحائل فلا يبرأ الكفيل.
Seorang kafil[5]
terlepas dari tanggungannya setelah menyerahkan makful bih pada tempat penyerahan
yang disetujui dan secara langsung tanpa adannya penghalang, sehingga apabila
belum dapat menyerahkan pada tempat yang disetujui, maka kafil belum
dapat dikatakan bebas dari tanggungannya. Wallahu A’lam.
[1] Dlamin adalah seseorang yang menanggung hutng dari madlmun
‘alaih.
[2] Madlmun ‘Anhu adalah seseorang yang memiliki hutang dan
hutangnya ditanggung oleh dlamin.
[3] Dlamman Darkil Mabi’ adalah menanggung sesuatu yang memang sudah
menjadi tanggungan pembeli atau penjual dalam akad jual beli.
[4] Makful Bih adalah seseorang yang berada dalam tanggungan kafil.
[5] Kafil adalah seseorang yang menyanggupi untuk
menanggung badan seseorang.
Komentar
Posting Komentar