Langsung ke konten utama

Denda yang Wajib Dibayarkan Dalam Keadaan Ihram

 

Denda Yang Wajib Dibayarkan Dalam Keadaan Ihram

Fasal mengenai macam-macam dendan yang wajib dalam melaksanakan ihram, sebab meninggalkan kewajiban atau melakukan larangan.

{فصل} في أنواع الدماء الواجبة في الإحرام بترك واجب أو فعل حرام

Denda yang wajib dibayarkan dalam ihram berjumlah  lima:

(والدماء الواجبة في الإحرام خمسة أشياء

Pertama: denda yang wajib dibayarkan sebab meninggalkan ibadah, maksudnya adalah meninggalkan sesuatu yang telah diperintahkan, sebagaimana meninggalkan ihram dari miqat (batas).

أحدها الدم الواجب بترك نسك) أي تركِ مأمور به كترك الإحرام من الميقات

Denda ini wajib dibayarkan secara urut, sehingga denda pada tingkat pertama sebab meninggalkan sesuatu yang diperintahkan adalah seekor kambing yang kriterianya mencukupi untuk kurban.

وهو) أي هذا الدم (على الترتيب) فيجب أولاً بترك المأمور به (شاة) تجزئ في الأضحية

Jika muhrim tidak menemukannya sama sekali atau menemukan hal tersebut tapi dengan harga tidak pada umumnya maka, muhrim dapat menggantinya dengan puasa sepuluh hari.

(فإن لم يجدها) أصلا أو وجدها بزيادة على ثمن مثلها (فصيام عشرة أيام:

Puasa tiga hari dilaksanakan ketika sedang melakukan haji, disunahkan melaksanakannya sebelum hari Arafah. Sehingga muhrim puasa pada tanggal enam, tujuh, dan delapan Dzulhijjah.

ثلاثة في الحج) تسن قبل يوم عرفة فيصوم سادسَ ذي الحجة وسابعَه وثامنه

Dan puasa tujuh hari dilaksanakan ketika muhrim kembali pada keluarganya dan tanah airnya.

(و) صيام (سبعة إذا رجع إلى أهله) ووطنه

Tidak diperbolehkan melaksanakan puasa sepuluh hari tersebut ketika sedang dalam perjalanan.

ولا يجوز صيامها في أثناء الطريق

Namun, ketika muhrim berkeinginan melaksanakan puasa sepuluh hari di Mekah maka, muhrim boleh melaksanakannya, sebagaimana yang dijelaskan dalam kitab al-Muharror.

فإن أراد الإقامة بمكةَ صامها - كما في المحرر

Seandainya  muhrim tidak dapat melaksanakan puasa tiga hari pada saat malakukan haji dan muhrim sudah kembali pada keluarga dan tanah airnya maka, muhrim tetap wajib melaksanakan puasa sepuluh hari.

ولو لم يصم الثلاثةَ في الحج ورجع لزمه صوم العشرة

Muhrim memisah antara tiga hari dan tujuh hari dengan senggang empat hari dan lama waktu yang dibutuhkan untuk melakukan perjalanan kembali pada tanah airnya.

وفرَّق بين الثلاثة والسبعة بأربعة أيام ومدة إمكان السير إلى الوطن

Keterangan yang telah dituturkan oleh kyai mushanif, yaitu mengenai denda yang wajib dibayarkan secara urut adalah cocok dengan apa yang diterangkan dalam kitab al-Raudlah, pokok kitab al-Raudlah, dan syarah kitab al-Muhadzab.

وما ذكره المصنف من كون الدم المذكور دم ترتيب موافق لما في الروضة وأصلها وشرح المهذب

Tetapi keterangan dalam kitab al-Minhaj yang mana bertendensi pada kitab al-Muharror menyebutkan bahwa, denda tersebut adalah denda tartib wa ta’dil.

لكن الذي في المنهاج تبعا للمحرر أنه دم ترتيب وتعديل

Sehingga pada tingkat pertama muhrim wajib membayar dengan menyembelih seekor kambing. Apabila muhrim tidak mampu melaksanakannya maka, muhrim membeli makanan dengan kisaran harga kambing tersebut kemudian menshadaqahkannya.

فيجب أولا شاة فإن عجز عنها اشترى بقيمتها طعاما وتصدق به

Apabila muhrim tidak mampu melaksanakannya maka, untuk setiap mud nya puasa satu hari.

فإن عجز صام عن كل مد يوما

Kedua: denda yang wajib dibayarkan sebab mencukur rambut dan berenak-enak seperti memakai wewangian, memakai minyak pada rambut atau jenggot, dan mencukur rambut. Baik seluruh rambut ataupun hanya tiga helai rambut.

(والثاني الدم الواجب بالحلق والترفه) كالطيب والدهن والحلق، إما لجميع الرأس أو لثلاث شعرات

Pembayar denda ini adalah takhyir (dapat memilih).

(وهو) أي هذا الدم (على التخيير)

Sehingga boleh membayar dengan menyembelih seekor kambing yang kriterianya mencukupi untuk kurban. Atau puasa tiga hari. Atau bershadaqah dengan tiga sha’ kepada enam orang fakir miskin, untuk setiap mereka mendapat bagian setengah sha’ dari makanan yang mencukupi untuk zakat fitrah.

فيجب إما (شاة) تجزئ في الأضحية (أو صوم ثلاثة أيام، أو التصدق بثلاثة آصُعٍ على ستة مساكين) أو فقراء، لكل منهم نصف صاع من طعام يجزئ في الفطرة

Ketiga: denda yang wajib dibayarkan sebab tercegah. Sehingga, muhrim wajib mencukur rambut dengan berniat melaksanakan cukuran, yaitu keluar dari ibadahnya sebab tercegah.

(والثالث الدم الواجب بإحصار، فيتحلل) المحرم بنية التحلل، بأن يقصد الخروج من نسكه بالإحصار

Kemudian muhrim menyembelih kambing karena tercegahnya dan menyukur rambut setelah penyembelihan.

(ويُهدِي) أي يذبح (شاة) حيث أحصر ويحلق رأسه بعد الذبح

Keempat: denda yang wajib dibayarkan karena membunuh hewan buruan.

(والرابع الدم الواجب بقتل الصيد

Denda ini adalah denda takhyir (dapat memilih) antara tiga perkara:

وهو) أي هذا الدم (على التخيير) بين ثلاثة أمور

Ketika hewan buruan adalah hewan yang memiliki sepadan. Yang dimaksud dengan memiliki sepadan adalah sekira ada hewan yang bentuknya hampir mirip.

(إن كان الصيد مما له مثلٌ)والمراد بمثل الصيد ما يقاربه في الصورة

Kyai mushanif menuturkan perkara yang pertama dari tiga perkara dengan dawuh beliau: muhrim mengeluarkan hewan sepadan, yaitu menyembelih hewan yang sepadan dan menshadaqahkan dagingnya pada fakir miskin tanah haram.

 

وذكر المصنف الأول من هذه الثلاثة في قوله: (أخرج المثل من النَّعَم) أي يذبح المثل من النعم ويتصدق به على مساكين الحرم وفقرائه

Sehingga, muhrim wajib menyembelih unta na’amah jika membunuh unta badanah. Wajib menyembelih sapi jika membunuh sapi liar atau keledai. Wajib menyembelih kambing betina jika membunuh kijang.

فيجب في قتل النعامة بدنةٌ، وفي بقر الوحش وحماره بقرة، وفي الغزال عنز

Dan banyak contoh lagi mengenai hewan-hewan yang memiliki sepadan, yang mana disebutkan dalam kitab yang panjang pembahasannya.

وبقية الصور الذي له مثل من النعم مذكورة في المطولات

Kyai mushanif menjelaskan perkara yang kedua dengan dawuh beliau: atau muhrim menggantinya dengan harta seperti contoh dirham dengan kadar mata uang negara Mekah pada saat mengeluarkannya. Kemudian muhrim membelanjakan makanan dengan harta tersebut. Yang mana makanan tadi kriteriannya mencukupi untuk zakat fitrah. Setelah itu muhrim menshadaqahkan kepada fakir miskin tanah haram.

وذكر الثاني في قوله: (أو قوَّمه) أي المثل بدراهم بقيمة مكة يومَ الإخراج (واشترى بقيمته طعاما) مجزئا في الفطرة (وتصدق به) على مساكين الحرم وفقرائه

Kyai mushanif menjelaskan perkara yang ketiga dalam dawuh beliau: atau muhrim dapat melaksanakan puasa, untuk setiap mud nya diganti dengan satu hari. Apabila ada kadar yang tersisa kurang dari satu mud maka, muhrim berpuasa satu hari.

وذكر المصنف أيضا الثالث في قوله: (أو صام عن كل مد يوم) فإن بقي أقل من مد صام عنه يوما

Apabila hewan buruan tidak memiliki padanan. Maka, muhrim dapat memilih antara dua perkara. Kyai mushanif menjelaskan keduanya dalam dawuh beliau: muhrim mengeluarkan harta dengan kadar harga hewan tersebut untuk berbelanja makanan, kemudian menshadaqahkan makanan tersebut. Atau untuk setiap mudnya diganti puasa satu hari.

(وإن كان الصيد مما لا مثل له) فيتخير بين أمرين ذكرهما المصنف في قوله: (أخرج بقيمته طعاما) وتصدق به، (أو صام عن كل مد يوم

Kelima: denda yang wajib dibayarkan karena melakukan hubungan badan bagi orang yang berakan, sengaja, dan mengetahui keharaman hal tersebut. Baik melakukan hubungan badan pada qubul maupun dubur, sebagaimana keterangan yang sudah lewat.

(والخامس الدم الواجب بالوطء) من عاقل عامد عالم بالتحريم، سواء جامع في قُبل أو دُبر كما سبق

Denda ini wajib dibayarkan secara al-Tartib (berurutan):

 (وهو)  أي هذا الدم الواجب على الترتيب

Sehingga wajib bagi muhrim pada tingkatan pertama menyembelih seekor unta badanah. Unta badanah adalah unta laki-laki atau peremuan. Apabila muhrim tidak menemukan badanah maka, muhrim dapat menggantinya dengan seekor sapi. Apabila muhrim tidak menemukan seekor sapi maka, muhrim dapat menggantinya dengan kadar harga unta badanah menggunakan dirham kota Mekah ketika waktu wajib membayar tesebut.

فيجب به أولا (بدنةٌ) وتطلق على الذكر والأنثى من الإبل، (فإن لم يجدها فبقرة، فإن لم يجدها فسبع من الغنم، فإن لم يجدها قوَّم البدنة) بدراهم بسعر مكة وقت الوجوب، 

Kemudian muhrim berbelanja makanan dan menshadaqahkannya pada fakir miskin tanah haram.

(واشترى بقيمتها طعاما وتصدق به) على مساكين الحرم وفقرائه

Tidak ada kadar pasti untuk harta yang diberikan untuk setiap orang fakir.

ولا تقدير في الذي يدفع لكل فقير

Seandainya muhrim menshadaqahkan dengan mata uang dirham maka, tidak diperbolehkan.

ولو تصدق بالدراهم لم يجزه

Sehingga, apabila muhrim tidak menemukan makanan maka, muhrim dapat mengganti untuk setiap mudnya berpuasa satu hari.

(فإن لم يجد) طعاما (صام عن كل مد يوما)

Ketahuilah! Sesungguhnya penyembelihan ada dua jenis: pertama adalah pemyembelihan yang wajib sebab karena tercegah, penyembelihan ini tidak wajib dilaksanakan di tanah haram. Namun, dilaksanakan di di tempat tercegah. Kedua adalah penyembelihan yang wajib dilaksanakan sebab meninggalkan perkara yang diwajibkan atau melakukan perkara yang diharamkan. Penyembelihan ini hanya dikhususkan dalam meninggalkan perkara haram.

واعلم أن الهَدْي على قسمين: أحدهما ما كان عن إحصار، وهذا لا يجب بعثه إلى الحرم، بل ذبح في موضع الإحصار؛ والثاني الهدي الواجب بسبب ترك واجب أو فعل حرام ويختص ذبحه بالحرم

Kyai mushanif menuturkan hal ini dalam dawuh beliau: tidak mencukupi penyembelihan dan pemberian makanan kecuali berada pada tanah haram. Sedikit-sedikitnya sesuatu yang mencukupi adalah muhrim memberikan daging sembelihan pada tiga orang fakir atau miskin.

وذكر المصنف هذا في قوله:

(ولا يجزئه الهدي ولا الإطعام إلا بالحرم) وأقل ما يجزئ أن يدفع الهدي إلى ثلاثة مساكين أو فقراء

Dan mencukupi apabila muhrim melaksanakan puasa, baik di tanah haram maupun pada selain tanah haram.

(ويجزئه أن يصوم حيث شاء) من حرم أو غيره

Tidak diperbolehkan membunuh hewan buruan tanah haram, meskipun muhrim adalah orang yang dipaksa melakukan hal tersebut. Seandainya seseorang melaksanakan ihram kemudian mendadak gila dan membunuh hewan buruan tanah haram maka, orang tersebut tidak menanggung pembayaran denda menurut qaul al-Adzhar.

(ولا يجوز قتل صيد الحرم) ولو كان مُكرَهًا على قتله. ولو أحرم ثم جُنَّ فقتل صيدا لم يضمنه في الأظهر

Tidak diperbolehkan memotong pepohonan tanah haram. Tanggungan untuk pohon yang besar adalah seekor sapi. Dan untuk pohon yang kecil adalah seekor kambing, yang mana keduanya harus memenuhi kriteria berkurban.

(ولا) يجوز (قطع شجره) أي الحرم، ويضمن الشجرة الكبيرة ببقرة، والصغيرة بشاة، كل منهما بصفة الأضحية

Tidak diperbolehkan juga memotong dan mencabut tanaman tanah haram yang tidak secara sengaja ditanam oleh manusia namun, tumbuh dengan sendirinya.

ولا يجوز أيضا قطع ولا قلع نبات الحرم الذي لا يستنبته الناس، بل ينبت بنفسه

Adapun rumput-rumput kering maka, diperbolehkan memotongnya namun, tidak untuk mencabutnya.

أما الحشيش اليابس فيجوز قطعه لا قلعه

Muhil dengan didlomah mimnya, yaitu orang yang sudah halal / tidak dalam posisi ihram dan muhrim (orang yang sedang dalam posisi ihram) dalam masalah hukum yang sudah dijelaskan kedudukannya adalah sama.

(والمُحِلُّ) بضم الميم أي الحلال (والمُحْرِم في ذلك) الحكم السابق (سواء)

Ketika kyai mushanif selesai menjelaskan mengenai hubungan dengan sang pencipta, yaitu ibadah-ibadah mahdlah. Maka, kyai mushanif segera menjelaskan mengenai hubungan dengan makhluk-makhluk. Kemudian beliau dawuh:

ولما فرغ المصنف من معاملة الخالق، وهي العبادات أخذ في معاملة الخلائق، فقال:


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ghasab

  Fasal: Menerangkan Hukum - Hukum Ghasab Secara bahasa ghasab diartikan dengan mengambil sesuatu secara dzalim dengan cara terang-terangan. Sedangkan dalam literatur syariat ghasab diartikan sebagai menguasai hak orang lain dengan cara dzalim atau tidak semestinya. وهو لغةً أخذ الشيء ظُلمًا مجاهرة وشرعا الاستيلاء على حق الغير عُدْوانًا Ukuran penguasaan disini dikembalikan pada adat yang berlaku. ويُرجع في الاستيلاء للعرف Termasuk di dalam hak orang lain, sesuatu yang sah dighasab adalah suatu barang yang selain harta, seperti kulit bangkai. Dikecualikan dari “secara tidak semestinya”: menguasai harta orang lain dengan cara akad. ودخل في حق الغير ما يصح غصبه مما ليس بمال كجلد ميتة. وخرج بعُدوانا الاستيلاء على مال الغير بعقد Konsekuensi Ghasab:   Barang siapa ghasab harta orang lain, maka baginya wajib mengembalikan harta tersebut pada pemiliknya. Meskipun dal

Syarat-Syarat Sebelum Melaksanakan Shalat

Fasal: Syarat-Syarat Sebelum Melaksanakan Shalat Syarat-syarat shalat sebelum masuk di dalamya ada lima, lafadz شروط merupakan bentuk jama’ dari شرط . Syarat secara bahasa adalah tanda, sedangkan syarat menurut istilah syari’at adalah sesuatu yang menentukan sahnya shalat, namun bukanlah bagian dari shalat itu sendiri. Dikecualiakan dengan qayid ini: rukun, karena rukun merupakan bagian dari shalat itu sendiri. Syarat pertama adalah sucinya anggota badan dari hadats, baik kecil maupun besar bagi orang yang mampu melakukan nya. Adapun orang yang tidak memiliki dua alat bersuci (air dan debu), maka baginya tetap dihukumi sah shalatnya namun wajib mengulangi. Kemudian sucinya seseorang dari najis yang adanya tidak dapat dimaafkan baik berada pada pakaian, anggota badan, maupun tempat melaksanakan shalat. Kyai mushonif akan menerangkan mengenai bagian akhir (tempat melaksanakan) pada bab berikutnya. Syarat kedua adalah menutupi warna aurat bagi yang mampu. Sehingga ketika ada seseora

Tata Krama Melaksanakan Mandi

  فصل: باب أداب الغسل Fasal: Tata Krama Melaksanakan Mandi فإذا أصابتك جنابة من احتلام أو وقاع, فخذ الإناء إلى المغتسل, واغسل يديك أولا ثلاثا, وأزل ما على بدنك من قذر. Ketika kalian sedang mengalami hadats janabat baik disebabkan oleh mimpi basah ataupun hubungan badan, maka ambilah wadah untuk mandi. Kemudian basuhlah kedua tangan kalian sebanyak tiga kali dan berusahalah menghilangkan kotoran yang masih menempel pada badan kalian.   وتوضاء كما سبق وضوئك للصلاة   مع جميع الدعوات, وأخر غسل قدميك كيلا يضيع الماء. فإذا فرغت من الوضوء فصب الماء على رأسك ثلاثا وأنت ناو وفع الحدث من الجنابة, ثم على شقك الأيمن ثلاثا ثم على الأيسر ثلاثا. Setelah membersihkan badan dari kotoran yang masih menempel, maka wudlu’ lah sebagaimana wudlu’ kalian ketika akan melaksanakan shalat, serta bacalah do’a-do’a yang telah diajarkan pada kalian. Dalam berwudlu’ ini, sebaiknya kalian mengakhirkan basuhan kedua kaki agar air yang kalian gunakan tidak terbuang sia-sia. Kemudian setelah selesai melaksana